Alat komunikasi modearn atau tradisional adalah semua media yang digunakan untuk menyebarkan atau menyampaikan informasi. Media komunikasi sudah ada sejak lama, bedanya adalah  jaman dulu tidak lah secanggih sekarang.

Teknologi Komunikasi adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lain.[1]

7 Alat Komunikasi Modern dan Penjelasannya

Manusia telah menggunakan dan mengembangkan berbagai bentuk komunikasi dan informasi. Teknologi komunikasi telah berkembang Konsep ini yang mendasari bahwa manusia memiliki kebutuhan berinteraksi sosial.

1 – Telepon: merupakan alat komunikasi modern yang pertama kali digunakan oleh manusia. Telepon ini menjadi sangat populer karena bisa membuat anda terhubung dengan orang yang berbeda kota tanpa harus menemuinya secara langsung.

2 – Handphone: ini adalah sebuah terobosan dalam komunikasi masyarakat modern, Anda bisa saling berkomunikasi di mana saja.

Bahkan kita ketahui ponsel ini semakin berkembang menjadi Smartphone, yang mana alat ini digunakan dengan kepintaran teknologinya yang selalu semakin berkembang pesat.

3 – Radio: merupakan alat yang sangat penting sejak ditemukan untuk dapat menerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.

Biasanya radio menyajikan informasi berita, musik dan lain sebaginya.

Pada jaman dulu radio digunakan orang Indonesia dalam menghadapi perang. Sebagai tanda penyerangan bahkan simbol adanya bahaya di tempat tertentu.

4 – Koran: koran merupakan alat informasi yang digunakan dengan basis tulisan. Topiknya bisa berupa politik, olahraga, tajuk rencana, dan cuaca atau berita yang sedang trending.

5 – Televisi: TV merupakan media komunikasi modern yang hampir setiap rumah memilikinya, Biasanya Televisi digunakan untuk menyampaikan informasi secara masal.

6 – Faksimili: Mesin faks adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya.

Proses kerja mesin faks diawali dengan keharusan bahwa penerima dan pengirim harus memiliki mesin faks. Pengirim akan memasukkan dokumen yang hendak dikirim ke bagian feeder mesin faks dan selanjutnya menekan nomor telepon mesin faks yang dituju.[2]

7 – Internet: Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet telah merevolusi gaya hidup banyak orang dalam berkomunikasi. Apalagi sekarang zamannya sosial media.

Melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan. (baca: fungsi internet)

8 – Komputer: Komputer merupakan alat yang digunakan untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan oleh penggunanya.

Komputer tidak hanya sebagai alat komunikasi namun juga sebagai alat penyimpan data dan untuk media hiburan seperti main game dan nonton film. (baca: fungsi komputer)

8 Alat Komunikasi Tradisional dan Penjelasannya

1 – Daun Lontar: Di pulau Bali, daun-daun lontar sebagai alat tulis masih dibuat sampai sekarang.

Orang indonesia sudah menggunakan bahasa tulisan untuk surat menyurat dan sebagai alat komunikasi sejak masa kerajaan Kutai, Tarumanegara, Pajajaran, Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram.

Setiap lempir lontar yang akan ditulisi, biasanya diberi garis dahulu supaya nanti kalau menulis tidak mencong-mencong. Hal ini dilakukan dengan menggunakan sebuah alat yang disebut panyipatan.[3]

2 – Kentongan: Kegunaan kentongan didefinisikan sebagai tanda alarm, sinyal komunikasi jarak jauh, morse, penanda adzan, maupun tanda bahaya. Kentongan dikenal sebagai salah satu sarana komunikasi tradisional. [4]

3 – Lonceng: Lonceng, Genta atau Bel adalah suatu peralatan sederhana yang digunakan untuk menciptakan bunyi.

Dahulu lonceng digunakan untuk mengabarkan suatu berita kepada masyrakat dan sebagai penanda waktu dan penanda waktu ibadah atau sebagai bagian dari perangkat ritual.

4 – Merpati pos: Merpati pos adalah burung merpati yang telah dilatih untuk mengantarkan surat atau pesan. Metode komunikasi ini berasal dari orang-orang Persia kuno yang melatih burung merpati.

Pada zaman dahulu merpati pos menjadi media komunikasi yang sangat popular, tetapi pada zaman sekarang ini posisi merpati pos telah tergantikan karena adanya perkembangan teknologi.[5]

5 – Bedug: Bedug merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu, yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi tradisional, baik dalam kegiatan ritual keagamaan maupun politik. Di Indonesia, sebuah bedug biasa dibunyikan untuk pemberitahuan mengenai waktu salat.[6]

6 – Asap: orang zaman dahulu juga memanfaatkan asap sebagai media komunikasi.

Biasanya, asap digunakan untuk mengirimkan pesan rahasia. Kepulan asap mengandung makna-makna tertentu yang hanya dapat dibaca oleh suku-suku di Indian

7 – Terompet: Trompet adalah alat musik tiup logam.  pada zaman dahulu terompet pada masa peperangan digunakan untuk memberi isyarat kepada para pasukan perang untuk melakukan serangan kepada lawan.

8 – Telegraf: Telegraf merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh,biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi.

Alat tersebut walau cara kerjanya menggunakan listrik, tapi masih termasuk dalam daftar alat komunikasi tradisional.[7]

Baca juga:

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komunikasi
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Faksimile
3. https://id.wikipedia.org/wiki/Lontar
4. https://id.wikipedia.org/wiki/Kentongan
5. https://id.wikipedia.org/wiki/Merpati_pos
6. https://id.wikipedia.org/wiki/Bedug
7. https://id.wikipedia.org/wiki/Telegraf