fungsi blok silinder


Fungsi Blok silinder (Cylinder Block) pada motor adalah sebagai tempat untuk menghasilkan energi panas dari proses pembakaran bahan bakar yang bersifat statis yang fungsinya sebagai tempat bergeraknya piston dalam melaksanakan proses kerja motor.

Blok silinder biasanya terbuat dari Cast Iron, tetapi belakangan ini banyak juga yang terbuat dari paduan alumunium dengan maksud mengurangi berat serta menambah panas radiasi.

Blok silinder dan ruang engkol merupakan bagian utama dari motor bakar. Bagian-bagian lain dari motor dipasangkan di dalam atau pada blok silinder,sehingga terbentuk susunan motor yang lengkap. Pada blok silinder ini terdapat lubang silinder yang berdinding halus,dimana torak bergerak bolak-balik dan pada bagian sisi-sisi blok silinder dibuatkan sirip-sirip maupun lubang-lubang mantel air pendingin yang digunakan untuk pendinginan motor.[1]

Bagian – Bagian Blok Silinder Pada Motor Dan Fungsinya

  • Water jacket – berfungsi sebagai ruang untuk bersirkulasi air yang berguna mendinginkan mesin, lengkapnya ada pada penjelasan sistem pendingin.
  • Piston – berfungsi untuk menghisap gas yang akan dibakar di ruang bakar serta memberikan tekanan pada saat langkah kompresi. [baca: fungsi piston]
  • Ring Piston – berfungsi untuk menahan kebocoran pada saat terjadi pembakaran di rung bakar serta meratakan oli yang ada di dinding blok silinder.
  • Batang torak – berfungsi sebagai penghubung piston dengan sumbu engkol.
  • Sumbu engkol – berfungsi sebagai komponen untuk merubah tenaga dari atas ke bawah yang dihasilkan piston menjadi tenaga berputar.
  • Pulley CrankShaft – berfungsi sebagai poros dimana dihubungkan dengan poros lain seperti pulley Cam Saft, alternator, untuk memberikan tenaga putaran.
  • Metal – untuk melapisi atau menjadi bantalan untuk stang piston dan berfungsi untuk menjadi bantalan ketika Crankshaft berputar.
  • Fly Wheel – berfungsi untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke sistem pemindah daya seperti kopling, transmisi, dan ploveler skaft.[2]

Referensi   [ + ]

1. www.perkins.com/en_GB/aftermarket/overhaul/overhaul-components/major-components/cylinder-block.html
2. www.en.wikipedia.org/wiki/Cylinder_block