fungsi colonoscopy


Fungsi Colonoscopy adalah untuk mengevaluasi bagian dalam kolon (usus besar), berbentuk tabung panjang yang fleksibel setebal jari yang memiliki kamera dan sumber cahaya di ujungnya.

Kolonoskopi dilakukan karena berbagai alasan. Paling sering prosedur ini dilakukan untuk menyelidiki penyebab darah dalam tinja, nyeri perut, diare, perubahan kebiasaan buang air besar, atau suatu kelainan yang ditemukan pada sinar-X kolon atau tomografi. [1]

Persiapan Colonoscopy

Ujung kolonoskop dimasukkan ke anus dan kemudian dimajukan perlahan, di bawah kontrol visual, ke dalam rektum dan melalui usus biasanya sejauh sekum, yang merupakan bagian pertama dari usus besar.

Pasien diberi petunjuk rinci tentang persiapan pembersihan. Secara umum, ini terdiri dari minum volume besar larutan pembersih khusus atau beberapa hari dari diet cairan bening dan obat pencahar atau enema sebelum pemeriksaan. Instruksi ini harus diikuti persis seperti yang ditentukan atau prosedur mungkin tidak memuaskan.

Seberapa sering seharusnya satu menjalani kolonoskopi tergantung pada tingkat risiko dan kelainan ditemukan di colonoscopies sebelumnya.[2]

Dokter harus diberitahu jika pasien memiliki alergi terhadap obat atau anestesi, masalah pendarahan, atau jika wanita hamil. Dokter juga harus diberitahu tentang semua obat yang orang saat ini dan jika ia telah memiliki barium pemeriksaan x-ray baru-baru ini.  sehingga dokter dapat memberikan antibiotik yang tepat untuk mencegah kemungkinan infeksi.

Pasien akan diberikan petunjuk khusus tentang cara menggunakan enema dan berapa banyak enema tersebut diperlukan. Umumnya, prosedur harus diulang sampai kembali dari enema jelas partikel tinja.

[ Baca juga: Fungsi Endoscopy ]

Pada pagi hari pemeriksaan, pasien diinstruksikan untuk tidak makan atau minum apa pun. Prosedur persiapan sangat penting karena, jika usus besar tidak benar-benar bersih, pemeriksaan tidak bisa dilakukan.

Risiko prosedur akan dijelaskan kepada pasien sebelum melakukan prosedur dan pasien akan diminta untuk menandatangani formulir persetujuan.

[ Baca juga: Daftar nama alat kesehatan dan fungsinya ]

Telah direkomendasikan bahwa bahkan orang sehat berisiko normal untuk kanker usus besar harus menjalani kolonoskopi pada usia 50 dan setiap 10 tahun sesudahnya, untuk tujuan menghilangkan polip kolon sebelum mereka menjadi kanker.

Referensi   [ + ]

1. https://en.wikipedia.org/wiki/Colonoscopy
2. http://medical-dictionary.thefreedictionary.com/colonoscopy