fungsi desiktor


Fungsi desiktor adalah untuk menyimpan bahan-bahan yang harus bebas air dan mengeringkan zat-zat dalam laboratorium. Dikenal dua jenis desikator yaitu desikator biasa dan desikator vakum.

Alat ini banyak digunakan dalam analisa kadar air dimana didalam desikator tersebut diberikan bahan yang disebut dengan silica gel.

Jenis Desiktor

ada 2 macam yaitu desikator biasa dan desikator vacuum. Proses pengeringan pada desikator vacuum tentunya lebih cepat dari yang model biasa karena dibantu dengan proses vacuum tersebut, sehingga dari segi harga juga sedikit lebih mahal karena diperlukan adanya asesoris tambahan.

Prinsip Kerja Desiktor

Pada umumnya desikator digunakan untuk pengujian kadar air, tempat penyimpanan bahan atau zat kimia bebas air serta tempat pengering.

  • Apabila sampel masih berada dalam kondisi suhu tinggi, sebaiknya desikator jangan ditutup   terlebih dahulu. hal ini  bertujuan untuk mencegah timbulnya uap- uap air yang berlebihan.
  • Lalu   tutup   kembali   dengan  cara   yang   sama   dengan cara membukanya yaitu dengan menggeser tutup desikator ke samping.
  • Perhatikan  apakah bahan pengering tersebut masih bisa digunakan atau tidak.
  • Jika silika gel sudah mengalami perubahan warna dari aslinya (jenuh dengan air), keringkan dengan menggunakan oven pada suhu 105 derajat selama beberapa jam, atau ganti dengan silika gel yang baru jika perlu.

Baca juga: