Domain

Fungsi domain adalah pengganti nama alamat IP dalam bentuk nama unik untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti server web atau server email pada jaringan komputer atau Internet untuk memfasilitasi pengguna Internet.

Nama domain ini juga dikenal sebagai unit situs web seperti “fungsiklopedia.com”. Nama domain kadang-kadang disebut URL atau alamat situs web. Seperti disebutkan dalam fungsi dan pengertian domain sebelumnya, intinya fungsi domain adalah menggantikan alamat IP server komputer, yang memfasilitasi akses ke pengguna Internet.[1]

Jenis dan Contoh Domain

Ada beberapa jenis domain, masing-masing domain memiliki makna khusus terkait dengan jenis situs web. Tipe domain ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu, Top Level Domain (TLD), Second Level Domain (SLD) dan Third Level Domain.

1). Top Level Domain (TLD)

Contoh Top Level Domain adalah misalnya untuk www.fungsiklopedia.com, berarti TLD nya adalah .com, TLD sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

1. Global Top Level Domain (gTLD)
2. Country Code Top Level Domain (ccTLD).

Berikut adalah beberapa contoh Global Top Level Domain (gTLD) :

  • .COM, domain ini digunakan di situs dengan minat umum atau komersial, dapat digunakan untuk individu atau organisasi tanpa persyaratan tertentu.
  • .NET, domain ini umumnya digunakan untuk website yang tertarik pada dunia infrastruktur jaringan atau jaringan lain, bahkan jika mereka tidak terbatas pada penggunaan secara luas.
  • .ORG, domain ini umumnya digunakan untuk situs web untuk kepentingan organisasi.
  • .INFO, domain ini digunakan untuk situs web yang berisi konten informatif.

Berikut adalah beberapa contoh Country Code Top Level Domain (ccTLD):

  • .ID, domain yang digunakan untuk situs web di Indonesia.
  • .MY, domain yang digunakan untuk situs web di Malaysia.
  • .SG, domain yang digunakan untuk situs web di Singapura.
  • .UK, domain yang digunakan untuk situs web di Inggris.

2). Second Level Domain (SLD)

Selain TLD, ada juga nama yang disebut domain tingkat kedua atau, Second-Level Domain sering disingkat SLD, ekstensi domain yang berada di bawah ekstensi domain utama. Contohnya adalah:

  • .co.id – SLD untuk perusahaan yang berada dibawah TLD Indonesia .id
  • .or.id – SLD untuk organisasi yang berada dibawah TLD Indonesia .id
  • .net.id – SLD untuk penyedia layanan jaringan yang berada dibawah TLD Indonesia .id
  • .web.id – SLD untuk pengguna pribadi yang berada dibawah TLD Indonesia .id

3). Third Level Domain

Domain tingkat ketiga atau Third Level Domain dapat disebut subdomain, Contoh domain di kaskus.co.id memiliki banyak subdomain, misalnya, fjb.kaskus.co.id, lounge.kaskus.co.id, dan lain-lain tetapi masih memiliki alamat IP yang sama.[2]

Cara Cek Nama Domain Tersedia Atau Tidak

Nama domain biasanya mewakili atau cerminan dari perusahaan atau organisasi penyewa domain.  Anda dapat memilih nama domain yang Anda inginkan, tetapi Anda dapat menyewa nama domain jika domain tersebut masih tersedia. Berikut adalah salah satu cara untuk memverifikasi ketersediaan suatu domain:

1. Kunjungi www.namecheap.com
2. Ketikan nama domain yang akan disewa, sebagai contoh kami pilih nama domain “fungsikloedia.com”

cara memeriksa nama domain

Jika domain masih tersedia, maka ada tanda centang, harga domain dan ssebuah pesan “this domain is available!”. Namun, jika ternyata domain yang anda inginkan sudah di gunakan orang lain, maka akan muncul tanda silang dan sebuah pesan “this domain is not available!”.

Agar domain situs Anda bisa di buka di internet, Anda harus menyewa hosting terlebih dahulu. Apa itu hosting? sudah saya jelaskan di artikel ini.

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Nama_domain
2. https://dosenit.com/kuliah-it/web/fungsi-domain