fungsi gelas beker


Fungsi gelas beker adalah sebuah wadah penampung yang digunakan untuk mengaduk, mencampur, dan memanaskan cairan. Bentuk Gelas Beker adalah silinder dan tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 1 mL sampai beberapa liter.

Dalam melakukan percobaan kimia, senantiasa menggunakan gelas kimia (gelas beker) yang berfungsi Untuk menyiapkan larutan yang akan digunakan, Untuk tempat mereaksikan zat dalam volume yang banyak dan Untuk melarutkan zat padat ke dalam zat cair dalam proses pembuatan larutan.[1]

Beker berbeda dengan labu erlenmeyer yang terlihat dari sisinya yang lurus dan bukannya miring. Biasanya beker lebih sering digunakan dalam percobaan kimia dasar.

Beker dapat ditutup dengan kaca pengamat untuk mencegah kontaminasi dan penyusutan zat. Beker seringkali dibubuhi dengan ukuran yang terdapat pada sisi beker yang mengindikasikan volume tertampung.

Sebagai contoh, beker dengan volume 250 mL ditandai dengan garis-garis yang mengindikasikan volume zat tertampung sebesar 50, 100, 150, 200, dan 250 mL. Keakuratan ukuran ini sangat bervariasi.[2]

Referensi   [ + ]

1. https://www.reference.com/science/function-beaker-af359cbf04a392c
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Beker