Google Drive

Fungsi Google Drive adalah untuk menyimpan data atau file secara online di internet dan dapat di akses melalui perangkat pribadi Anda, seperti komputer, laptop, tablet, dan smartphone di mana saja, kapan saja, selama Anda terhubung ke Internet.

Selain dari yang sudah saya sebutkan diatas, masih banyak lagi kegunaan Google Drive yang bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan harian kamu, berikut dibawah ini penjelasannya.

Layanan yang Dapat Kamu Gunakan di Google Drive

Salah satu manfaat Google Drive adalah memudahkan pengguna untuk menyimpan file dari berbagai jenis dan ukuran melalui Internet dengan akun Gmail mereka. Google Drive menawarkan 15 GB layanan penyimpanan gratis, berikut adalah beberapa layanan Google Drive yang dapat Anda gunakan.

1. Menyimpan Berbagai Jenis File

Google Drive sangat cocok untuk menyimpan file-file penting, bahkan yang bersifat pribadi dan rahasia, keamanan yang ditawarkan oleh Google dijamin kerahasiaannya. Apa pun jenis filenya, kamu bisa menyimpan Foto, video, presentasi, PDF bahkan file Microsoft Office, hasil scan ijazah, Kartu Keluarga, dan lainnya.

Google Drive menawarkan layanan penyimpanan 15 GB secara gratis. Anda dapat mengembangkannya lagi dengan fitur yang disebut Google One, namun Anda harus membayar seharga  mulai dari Rp. 26.900 / bulan menjadi Rp. 3,900,000 / bulan, dan Anda dapat memiliki penyimpanan di cloud dari ukuran 100 GB hingga 30 TB.

2. Berbagi File Berukuran Besar

Dengan Google Drive, Anda dapat berbagi file ukuran besar secara bersamaan dengan orang-orang tertentu. Anda hanya perlu mengunggah file ke Google Drive, lalu bagikan melalui tautan yang disediakan. selain itu, Anda dapat mengundang orang lain dengan cepat untuk melihat, berkomentar, dan mengedit file.

3. Hosting Website

Jika Anda seorang pengembang web, pasti Anda tahu hosting, kabar baiknya adalah google drive juga dapat digunakan sebagai hosting untuk menyimpan file seperti HTML, CSS dan lainnya. Karena itu, Anda akan memiliki hosting Google Drive gratis.

4. Backup File

Dengan Google Drive Anda dapat membuat salinan cadangan dari semua data dan dokumen di komputer dan perangkat seluler Anda tanpa menggunakan penyimpanan fisik.

5. Menyimpan Link

Ada kalanya Anda menjelajah Internet dan ingin menyimpan tautan ke situs untuk dibaca nanti. Anda tidak perlu repot menyalin catatan. Google Drive dapat menyimpan tautan situs.

Caranya: Instal ekstensi Google Drive di Google Chrome Anda. Anda hanya perlu mengklik ikon segitiga di browser untuk menyimpan tautan dengan mengklik kanan tautan dan memilih “Simpan tautan di Google Drive”.

6. Membuat dan Mengedit Dokumen

Selain digunakan untuk menyimpan data, Google Drive juga memungkinkan pengguna, untuk membuat lembar kerja baru. dan Anda dapat mengedit dokumen yang disimpan di Google Drive.

7. Membuat Catatan dari Google Keep

Google Drive dapat menyimpan catatan Anda menggunakan Google Keep. Google Keep dapat diintegrasikan dengan Google Drive, memungkinkan Anda untuk menyimpan semua catatan yang Anda buat.

Cara Menggunakan Google Drive

Dari semua layanan penyimpanan cloud dan sinkronisasi file yang tersedia, Google Drive mungkin adalah yang terbaik, bahkan mungkin salah satu layanan cloud yang  paling mudah digunakan.

1. Cara membuat akun Google Drive

cara membuat google drive
Membuat akun google drive

Agar bisa menggunakan layanan google drive, Anda harus membuat akun google drive terlebih dahulu.

  • Langkah 1 : Daftar secara gratis, lalu masukkan alamat email dan kata sandi yang digunakan untuk mengakses akun Google. dan Anda akan mendapatkan  space penyimpanan sebesar 15GB.
  • Langkah 2: Setelah mendaftar (atau masuk ke akun yang ada), Anda dapat mengakses Drive melalui browser di komputer atau aplikasi seluler, yang saat ini tersedia untuk Android, iOS.

2. Cara upload dan menyimpan file dengan google drive

  • Buka browser web di komputer. Kemudian, ketik https://drive.google.com di bilah alamat browser kamu.
  • Lalu masuk dengan akun Google.
  • Setelah berhasil masuk. Halaman utama akan muncul. Klik “+ Baru” untuk mengunggah file baru ke Google Drive.
cara upload di google drive
Upload di Google Drive
  • Selanjutnya klik pada opsi Upload file.
Upload file
  • Kemudian pilih file yang akan di unggah dan simpan di Google Drive. Jika Anda sudah mengklik Buka atau tekan Enter. Tunggu sebentar hingga file berhasil dimuat.

3. Cara membagikan file di Google Drive

  • Ketika kita sudah ada di halaman utama Google Drive. Lalu, Klik kanan pada folder atau file yang akan dibagikan. Setelah itu, klik Bagikan.

cara-berbagi-link-google-drive

  • Maka sebuah kotak akan muncul. Kemudian klik pada Dapatkan tautan yang dapat dibagikan.

cara-berbagi-link-google-drive-2

  • Atur untuk siapa saja yang dapat melihat file yang telah Anda bagikan. Atau jika Anda ingin membaginya hanya dengan 1 orang, masukkan email orang yang diinginkan.

cara-berbagi-link-google-drive-3

4. Cara Translate Dokumen di Google Drive

Cukup unggah dokumen yang ingin Anda terjemahkan ke Google Drive. Jika demikian, mari kita mulai menerjemahkannya.

  • Buka Google Drive dan masuk dengan akun Gmail Anda.
  • Lalu pilih file unggahan baru dan pilih file yang ingin Anda terjemahkan.
  • Tunggu sampai pemuatan selesai.
  • Setelah menyelesaikan proses unggah, klik file Anda, lalu pilih lebih banyak, lalu pilih buka dengan dan pilih Google Documents.
  • Jika Anda telah berhasil membuka file, maka untuk menerjemahkan file pdf Anda, klik pada alat dan pilih menerjemahkan dokumen.

Mudah bukan menggunakan Google Drive? Seperti layanan penyimpanan lainnya, Google Drive juga memiliki versi gratis dan berbayar. Bagi Anda yang tidak benar-benar membutuhkan area penyimpanan yang besar, Anda cukup menggunakan versi gratisnya.