fungsi higrometer


Fungsi Higrometer adalah untuk mengukur tingkat kelembaban pada suatu tempat. Biasanya alat ini ditempatkan di dalam bekas (container) penyimpanan barang yang memerlukan tahap kelembapan yang terjaga. Bentuk sederhana Hygrometer adalah khusus dikenal sebagai Psychrometer dan terdiri dari dua Termometer.

Alat pengukuran kelembaban udara biasanya bergantung pada pengukuran-pengukuran beberapa kuantitas lainnya seperti temperatur, tekanan, masa atau perubahan mekanis atau elektris pada zat dimana kelembaban terhisap.[1]

Prinsip kerja dan Proses Pengukuran

Higrometer terdapat dua skala, yang satu menunjukkan kelembaban yang satu menunjukkan temperatur.

Cara penggunaannya dengan meletakkan di tempat yang akan diukur kelembabannya, kemudian tunggu dan bacalah skalanya. skala kelembaban biasanya ditandai dengan huruf h dan kalau suhu dengan derajat celcius.

Perlu diperhatikan pada saat pengukuran dengan higrometer selama pembacaan haruslah diberi aliran udara yang berhembus kearah alat tersebut, ini dapat dilakukan dengan mengipasi alat tersebut dengan secarik kertas atau kipas. Sedangkan pada slink, alatnya harus diputar.

Jenis-jenis higrometer

  • Higrometer logam/kumparan – berguna untuk memberikan indikasi dial perubahan kelembaban udara, tetapi alat ukur yang tidak mahal ini jarang sekali terlihat serta akurasinya sangat terbatas.
  • Higrometer regangan rambut – Alat ini menggunakan rambut manusia atau hewan yang diregangkan. Panjang rambut berubah dengan kelembaban dan perubahan panjangnya dapat di perbesar dengan mekanis dan atau di indikasikan pada skala.
  • Higrometer elektronik – menggunakan Dewpoint yang merupakan temperatur di mana sampel udara lembab (atau uap air lainnya) berada pada tekanan konstan mencapai saturasi uap air. Pada temperatur saturasi, pendinginan lebih lanjut hasil dalam larutan air.

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Higrometer