Hosting

Fungsi hosting adalah suatu layanan yang digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan website supaya dapat diakses secara online melalui Internet. Data di sini bisa dalam bentuk file, gambar, video, email, aplikasi, program, skrip dan database dan lain-lain.

Jadi dengan hosting ini anda dapat mengenalkan website di internet untuk menjangkau jutaan pengguna di seluruh dunia. Tentu saja, kita harus menyewa di penyedia hosting, namun, kita juga harus memastikan bahwa penyedia hosting untuk web kita berkualitas dan dapat diandalkan.

3 Fungsi Utama Hosting

1. Tempat Menyimpan Data

Sebagai tempat untuk menyimpan segala macam data atau properti dari web sehingga pengguna dapat mengakses melalui internet. Dengan demikian, pemilik situs web dapat menyediakan berbagai data yang dibutuhkan pengunjung ke situs.

2. Alamat Akses Data Website

Sebagai pengalihan akses ke situs dari DNS (domain name server) tertentu. Misalnya, situs dengan domain situs web.com yang terdaftar dalam DNS tertentu supaya situs dapat diakses, domain harus ditautkan ke hosting sehingga server penyedia domain dapat mengakses hosting tempat database situs disimpan.

3. Untuk Menjaga Supaya Website Tetap Online

Agar website Anda dapat tetap online maka hosting yang digunakan harus memiliki garansi uptime yang tinggi dari jasa penyedia hosting.

Apa itu Hosting?

Hosting adalah komputer yang terhubung ke Internet dan digunakan untuk menyimpan data situs web sehingga dapat diakses secara online. Hosting disediakan oleh penyedia layanan hosting. Ada beberapa jenis layanan hosting: shared hosting, dedicated hosting, VPS (server pribadi virtual) dan alokasi server.

Cara Kerja Web Hosting

Saat Anda mengakses situs web melalui browser yang menggunakan protokol jaringan HTTP, maka Internet akan mengirim permintaan untuk akses ke server hosting. Kemudian, server mengirimkan informasi yang diminta melalui Internet, lalu diterjemahkan oleh web browser dalam bentuk teks dan gambar.

Jenis-Jenis Hosting

Ada beberapa jenis hosting yang tersedia untuk menyesuaikan kebutuhan penyimpanan file situs web Anda, yaitu:

jenis hosting
Image source: hostingadvice.com
  • Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis layanan web hosting di mana ada beberapa situs web di server. Jenis hosting harganya cenderung lebih murah karena spesifikasinya (RAM dan CPU) lebih rendah.

Pengguna layanan shared hosting ini berbagi sumber daya dan kapasitas server sehingga hak akses pengguna layanan ini terbatas ke server dan konfigurasi server ditentukan oleh administrator server.

  • VPS Hosting

Hosting VPS (Virtual Private Server), merupakan mesin virtual yang digunakan sebagai hosting untuk situs web. Pada dasarnya, VPS memiliki kelebihan sumber daya yang lebih besar. Cocok untuk pemilik situs dengan trafik lalu lintas tinggi. Pengguna memiliki akses root ke server VPS masing-masing dan memiliki otoritas penuh untuk mengelola server VPS mereka.

  • Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan jenis hosting teknologi terbaru dan proses loadingnya lebih cepat karena menggunakan banyak server yang didistribusikan di banyak titik di beberapa negara sehingga dapat mempercepat proses. Cloud hosting adalah layanan hosting yang dibuat dengan tujuan untuk menjamin website tetap online meskipun adanya ledakan pengunjung

  • Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah jenis layanan hosting yang menyediakan server yang hanya digunakan untuk satu akun situs web saja. Perumpamaanya adalah jika Dedicated Server adalah sebuah gedung yang Anda tempati sendiri dan Anda dapat bebas mengatur dan menggunakan semua fasilitas dan layanan yang ada.

Spesifikasi yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih Layanan Web Hosting

Berikut adalah beberapa spesifikasi yang dapat Anda pertimbangkan ketika memilih layanan hosting web:

1. Disk Space

Disk space adalah jumlah kapasitas penyimpanan hard disk di server yang dapat Anda gunakan. Semakin banyak data disimpan di server, semakin besar penggunaan ruang disk.

Pilih paket hosting yang memiliki ruang disk yang dapat menampung semua konten file situs web, termasuk memperbarui konten situs web Anda di masa mendatang.

2. Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah transfer data yang terjadi antara server hosting dan komputer yang mengakses. Semakin banyak pengguna, semakin besar penggunaan bandwidth. Pastikan bandwidth bulanan Anda dapat mencakup rata-rata jumlah pengunjung bulanan.

3. Cpanel

Cpanel adalah panel kontrol server hosting yang berfungsi untuk mengelola fitur di server hosting. Dengan panel kontrol ini, pengguna hosting pemula dapat dengan mudah mengelola file di situs web mereka.