fungsi hormon insulin


Fungsi Insulin secara umum adalah untuk Merangsang peningkatan penyerapan glukosa plasma oleh sel tubuh, mengatur Keseimbangan glukosa darah dan mengubah kelebihan glukosa dalam darah menjadi glikogen yang disimpan di hati dan otot.

Insulin adalah hormon yang dibuat oleh pankreas yang memungkinkan tubuh Anda untuk menggunakan gula (glukosa) dari karbohidrat dalam makanan yang Anda makan untuk energi atau menyimpan glukosa untuk penggunaan masa depan.[1]

Jika kekurangan hormon insulin ini maka akan mengakibatkan kadar glukosa dalam darah meningkat (diabetes melitus). Orang dengan diabetes mengalami kesulitan mengendalikan kadar glukosa darah mereka saat insulin mereka tidak bekerja dengan baik.

Orang dengan diabetes tipe 1 harus mengambil obat insulin, sedangkan orang dengan diabetes tipe 2 dapat mengontrol kadar glukosa darah mereka dengan makanan.[2]

Sistem Kerja Hormon Insulin

Insulin dilepas ke dalam pembuluh darah dan akan terbawa oleh aliran pembuluh darah sampai ke hati, yang merupakan pos kerja insulin. Hati merupakan portal pertama asupan makanan dan senyawa yang masuk melalui saluran pencernaan.

Hati disini adalah sebagai pengecekan barang-barang yang masuk sebelum diedarkan ke dalam tubuh. Glukosa salah satunya, hasil perombakan karbohidrat kompleks dari sistem pencernaan. Ketika glukosa ini masuk di dalam hati, akan disesuaikan dengan kadar glukosa di dalam darah.

Jika kadar glukosa di dalam darah dalam kondisi yang seimbang, maka pembebasan insulin akan semakin banyak ke dalam hati untuk mengubah glukosa menjadi glikogen, yang akan disimpan di dalam hati atau sel – sel otot menjadi cadangan glukosa.

Dengan demikian, kadar glukosa darah menurun, kembali ke keadaan yang  seimbang. Sampai pada titik ini, pankreas akan dirangsang untuk mengurangi sekresi insulin.

Cadangan glukosa yang tersimpan (glikogen) sewaktu –waktu akan dirombak kembali menjadi glukosa ketika tubuh mengalami kekurangan asupan glukosa yang mana dapat metabolisme ini dirangsang oleh hormon glukagon.

Dampak Negatif Jika Kekurangan Insulin

Keberadaan insulin menjadi penting karena mempunyai kaitan erat dengan keseimbangan glukosa darah. Mengingat glukosa adalah satu-satunya bentuk nutrisi yang bisa digunakan sebagai sumber energi oleh bagian otak dan  bagian mata serta epitel germinal.

Sehingga kelainan produksi insulin atau kekurangan hormon tersebut akan memunculkan berbagai dampak buruk bagi tubuh diantaranya adalah

  • Diabetes mellitus – terjadi akibat tingginya kadar gula dalam darah. Ketika insulin mengalami defisiensi, maka tentu saja glukosa yang melimpah dari diet tidak dapat diubah ke dalam bentuk glikogen sehingga tidak bisa disimpan dalam bentuk yang aman.
  • Gangguan seksual – Akibat terganggunya proses sintesis protein, termasuk sintesis senyawa protein yang berhubungan dengan pemenuhan seksual, maka kekurangan hormon insulin dapat memicu terjadinya impotensi pada pria, dan penurunan libido pada wanita.
  • Sel tubuh kekurangan glukosa – Hal ini disebabkan kegagalan pemasukan glukosa ke dalam jaringan sehingga akan mengganggu proses metabolisme. Jika keadaan ini dibiarkan , maka akan terjadi kerusakan pada sel-sel tubuh terutama pada sel-sel otak.

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Insulin
2. http://www.endocrineweb.com