Kamera

fungsi kamera


Fungsi Kamera secara umum adalah untuk membuat atau menangkap suatu gambar dari objek, yang selanjutnya akan dibiaskan melalui lensa pada sensor CCD dan sensor BSI-CMOS kemudian direkam dan sisimpan dalam format digital. [1]

Atau dengan kata lain  bisa disebut sebagai proses menciptakan diam atau gambar bergerak dengan metode menangkap data langsung menyimpannya pada media sensitif seperti film yang elektromagnetik atau sensor elektronik.

Dilihat dari jenisnya, kamera ada 2 macam yaitu:

  1. Compact Camera – kamera yang pemakaiannya langsung melihat obyek yang difoto tanpa melalui lensa pengatur.
  2. Single Lens Reflex (SLR) – kamera yang cara kerjanya dengan bayangan benda yang dilihat lalu di pantulkan oleh cermin yang terdapat didalam kamera, sehingga dengan jenis ini obyek tidak dapat dilihat jika lensa dalam keadaan tetutup.

Macam-Macam Jenis Kamera

  • Kamera Saku – Lebih dikenal dengan kamera digital, cenderung kecil dan lensa tidak dapat di ganti.
  • Kamera Film – kamera ini menggunakan media penangkap atau penyimpanan menggunakan film yang digulung.
  • Kamera Polaroid – kamera ini memakai lembaran polaroid, langsung memberikan gambar positif dan tidak perlu melakukan proses cuci cetak.
  • Kamera TLR (Twin Lens Reflex) – kamera yang memiliki dua lensa dengan panjang fokal sama. yang cara pemakainnya adalah sejajar dengan perut pengguna. Karena viewfindernya terletak di bagian atas dengan cermin 45 derajat.
  • Kamera Prosumer – merupakan gabungan PROfesional dan conSUMER. Bila sebuah camera disebut sebagai model prosumer biasanya ditandai kemampuan point and shoot tapi memiliki fitur lebih canggih dibanding pocket camera antara lain seperti dimilikinya kemampuan pemakaian secara manual.[2]
  • Kamera SLR – kamera lensa tunggal yang menggunakan cermin refleks yang dapat memantulkan cahaya ke jendela bidik (eye viewfinder) dan cermin refleksnya juga dapat bergerak dari posisi awalnya 45 derajat dari horizontal menjadi horizontal dan kembali lagi ke posisi awalnya dengan sangat cepat (reflex).

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Kamera_digital
2. fujifilm-indonesia.co.id