Kapasitor

fungsi kapasitor


Fungsi Kapasitor atau kondensator adalah sebagai penyimpan muatan listrik serta dapat digunakan sebagai penyaring frekuensi. Atau bisa juga disebut sebagai alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik.[1]

Jenis-Jenis Kapasitor

Dapat dibedakan melalui jenis bahan pembuatannya, Berikut penjelasannya dibawah ini:

  • Kapasitor mika – terdiri dari lapisan alternatif dari mika dan aluminium foil dalam kantung plastik. Dengan begitu kapasitor tersusun rapat, tahan lama, dan stabil, kapasitor jenis ini digunakan dalam pekerjaan presisi.
  • Kapasitor kertas – Dua foil logam yang dipisahkan oleh sebuah lapisan kertas atau film poliester. Lapisan lain kertas atau film ditempatkan di bagian luar salah satu bagian dari foil. Lapisan ini digulung, kemudian diresapi dengan minyak, dan disegel di dalam wadah kedap udara.
  • Kapasitor elektrolit – Salah satu konduktor terdiri dari logam -biasanya tantalum atau aluminium- yang diselimuti oleh lapisan oksida tipis. Lapisan oksida berfungsi sebagai isolator yang memisahkan logam dari elektrolit atau konduktor non logam lainnya.
  • cairan dielektrik kapasitor – terdiri dari pelat logam keras yang direndam dalam minyak atau cairan isolator lain. Seluruh unit disegel dalam wadah tahan bocor.[2]

Referensi   [ + ]

1. www.id.wikipedia.org/wiki/Kondensator
2. www.science.howstuffworks.com/capacitor-info.htm