fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia


Fungsi Karbohidrat secara umum adalah sebagai sumber energi utama tubuh juga berperan penting dalam menjaga sistem imun tubuh. Merupakan zat gizi yang terdapat dalam makanan yang tersusun dari unsur Carbon, Hidrogen, dan oksigen.[1]

Karbohidrat juga merupakan salah satu sumber utama energi bagi tubuh manusia. Ada tiga sumber energi yang terdapat pada manusia yaitu karbohidrat, lemak dan protein.

Dibawah ini beberapa fungsi dan manfaat dari Karbohidrat untuk tubuh manusia[2]

1. Sumber Energi utama tubuh
Ini merupakan Fungsi karbohidrat yang utama yang berperan sebagai pasokan energi tubuh, setiap gram Karbohidrat mengandung 4 kalori.

2. Cadangan Energi dalam otot dan hati
Keberadaan karbohidrat didalam tubuh manusia, sebagian terdapat dalam darah sebagai glukosa untuk energi tubuh,

…sebagian terdapat pada Hati dan jaringan otot yang diubah menjadi Glikogen, dan sebagiannya lagi Diubah menjadi lemak dan disimpan didalam jaringan otot yang berfungsi sebagai cadangan energi tubuh.

3. Melancarkan pencernaan
Karbohidrat juga berfungsi untuk memperlancar peristaltik usus dan memudahkan pembuangan feses, selain itu karbohidrat yang tidak dapat dicerna seperti serat bisa memberikan rasa kenyang.

4. Pemanis alami
Karbohidrat juga berfungsi sebagai pemberi rasa manis alami pada makanan khususnya Disakarida dan jenis karbohidrat Monosakarida

Sumber Karbohidrat

Sumber utama karbohidrat dalam makanan lebih banyak berasal dari jenis #tumbuhan, dan hanya sedikit yang berasal dari makanan hewani.

  • Sumber karbohidrat Pada Biji : Beras, jagung, gandum.
  • Sumber karbohidrat Pada Buah : Pisang dan semua jenis buah yang rasanya manis.
  • Sumber Karbohidrat Pada Akar/umbi : Ubi jalar, Ubi kayu, Keladi, Kentang dan lain lain.
  • Sumber karbohidrat Pada Daun : Sayur-sayuran berwarna Hijau.

Referensi   [ + ]

1. www.id.wikipedia.org/wiki/Karbohidrat
2. www.idmedis.com