fungsi kertas saring


Fungsi kertas saring adalah untuk memisahkan partikel suspensi dengan cairan ,atau untuk memisahkan antara zat terlarut dengan zat padat desikator yang berguna untuk mengeringkan padatan.

Bila pada suatu penyaringan diperukan cairannya, sebaiknya digunakan kertas saring yang dilipat ganda. Penyaringan akan berlangsung lebih cepat, karena permukaan penyaring-an lebih luas.

Pilihlah kertas saring dan corong yang serasi. Ujung kertas saring yang berlipat berada kira-kirar 10 mm di bawah ping-giran atas corong. Misalkan untuk kertas saring yang berdiameter 120 mm, gunakanlah corong yang berdiameter 100 120 mm.

Cara menggunakan kertas saring

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk melipat kertas saring. saya hanya akan menjelaskan dua teknik saja dalam melipat kertas saring.

Cara 1: Menyaring dengan menggunakan corong dan kertas saring.

  1. Lipat kertas saring membentuk kerucut.
  2. Robek sedikit sudut lipatan sekitar sekitar setengah diameter, lipat bagian luar dan bagian dalam kerucut,
  3. Kemudian kaitkan.
  4. Basahi dinding corong dengan akuades, agar dapat melekatkan kertas saring.
  5. Letakan kertas saring pada corong

1

Cara 2: Kertas saring berlipat ganda

Lipat kertas saring enyerupai kipas lipat. Cara ini sangat efektif karena menghasilkan bidang serap kertas saring semakin luas, celah yang terbentuk antara lekukan kertas saring dan dinding kertas saring juga memungkinkan udara untuk mengalir dan dapat mempercepat proses penyaringan.

2
Baca juga: