fungsi keyboard


Fungsi Keyboard adalah yang fungsi utama nya sebagai alat ketik dan bertugas untuk menampilkan angka, huruf, dan simbol pada layar monitor komputer Anda yang kemudian dicetak menjadi dokumen atau memang sengaja dibuat sebagai data digital di komputer.

Fungsi Keyboard berdasarkan tombol-tombolnya

  1. Fungsi keyboard berdasarkan tombol kontrolnya yaitu keyboard dapat menjalankan perintah tertentu pada sistem operasi apabila beberapa tombol digabungkan. Contohnya Jika tombol ctrl digabungkan dengan E maka dapat membuka jendela explorer.
  2. Berdasarkan tombol fungsinya yaitu keyboard pada umumnya menyesuaikan tombol fungsi dengan perangkat lunak komputer seperti contohnya ketika kita menekan f2 yaitu berfungsi untuk mematikan layar pada komputer begitupun tombol fungsi lainnya yang terdiri dari f1-f12 yang letaknya ada di bagian atas keyboard.
  3. Berdasarkan tombol alternatenya yaitu keyboard memiliki tombol seperti enter, esc, tab dan alt fungsi dari tombol tombol itu sangat berguna pada dokument dan pengoprasian komputer.
  4. Berdasarkan tombol navigasinya yaitu pada keyboard terdapat tombol Page Down yang fungsinya untuk menurunkan layar ke bawah. selanjutnya tombol Page Up yang fungsinya untuk menaikkan layar ke atas. selanjutnya tombol End yang berfungsi untuk memindahkan kursor ke akhir kalimatm, selanjutnya tombol home digunakan untuk memindahkan kursor ke awal kalimat.dan tombol navigasi yaitu tumbol panah atas untuk ke atas,tombol panah bawah untuk kebawah,selanjutnya tombol panah kiri ke kiri, kemudian panah kanan ke kanan dan masih banyak fungsi lainnya.