fungsi komputer


Fungsi Komputer adalah Sebagai alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan untuk mempermudah pekerjaan dan sebagai alat komunikasi serta dapat digunakan untuk hiburan.

Penggunaan komputer saat ini digunakan tidak cuma untuk bekerja dan untuk hiburan saja tetapi bisa juga berperan di bidang pendidikan seperti sekolah dan kuliah karena terdapat media internet untuk sebagai pendukung penambah wawasan.

Manfaat Komputer

  • Memudahkan Pekerjaan – Dalam pekerjaan kita yang tentunya perlu menggunakan komputer, akan sangat terbantu sekali dengan adanya komputer ini. Sehingga pekerjaan lebih cepat selesai. Misalnya, Untuk membuat Dokumen atau Untuk menghitung gaji dan sebagainya.
  • Pengendali/controlling – Pada instansi besar seperti perhotelan, pabrik dan perusahaan lainnya, komputer dapat dipakai sebagai sarana untuk mengendalikan satu atau beberapa system seperti pengendali lampu lalu lintas, operasi elevator dan escalator, pengatur kamera CCTV, pengendalian jaringan, control mekanisme pabrik dan lain-lain.
  • Alat hiburan –  Dengan komputer kita dapat mengghibur dirikita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada kompute. Misalnya, Memutar lagu dan menonton Film atau bermain Game.
  • Sarana Komunikasi – Dengan komputer kita dapat Berbicara atau chatiing dengan teman atau saudara kita menggunakan Webcam atau dapat mengirim email kepada mereka.

Cara Kerja Sistem Komputer

Pengolahan data yang menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP).

Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah sebuah data menjadi sebuah informasi, maka diperlukan sebuah sistem yang yang disebut sistem komputer.

Sistem yang dimaksud disini terdiri atas elemen-elemen yang saling terhubung sehingga membentuk satu kesatuan yang dapat digunakan untuk melakukan tujuan pokok dari sistem tersebut. Berikut dibawah ini penjelasannya.

INPUT

Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device. Misalnya keyboard, untuk memasukan huruf, angka ke dalam komputer yang selanjutnya akan diproses dan dimunculkan di layar monitor.

PROCESS

Data yang telah dimasukan melalui peralatan input akan diproses yang dilakukan oleh processing device yaitu CPU Yang dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan Unit aritmatika dan logika (ALU) dan juga mengontrol (CU).

OUTPUT

data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU akan bisa dicetak apabila sudah siap. Pencetakan ini bisa berupa hardcopy dan juga softcopy.

Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar visual melalui monitor ataupun projektor.

STORAGE

Data yang telah diproses dapat disimpan pada media penyimpanan. Contohnya Harddisk atau flashdisk agar nantinya bisa digunakan kembali.

Baca Juga: