Lapisan Ozon

fungsi-lapisan-ozon


Fungsi lapisan ozon secara umum adalah untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet yang berbahaya dari matahari dan untuk menjaga bumi tetap hangat. Lapisan ozon mencegah energi panas yang dipantulkan oleh permukaan bumi tidak terpancar kembali ke ruang angkasa.

Lapisan Ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 19 – 48 km (12 – 30 mil) di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon. Molekul oksigen (O2) yang dengannya kita bernapas membentuk hampir 20% atmosfer. Pembentukan ozon (O3), molekul triatom oksigen kurang banyak dalam atmosfer di mana kandungannya hanya 1/3.000.000 gas atmosfer.[1]

Manfaat Ozon Bagi Kehidupan Di Bumi

Bidang Kesehatan, Pengobatan dan Industri

Para ilmuwan telah menyatakan bahwa sinar UV-A  dari matahari lebih berbahaya daripada sinar UV-B, ia dapat menembus bagian kulit yang lebih dalam dan menyebabkan kanker mematikan, melanoma, dan penuaan dini. Dan dalam hal ini, lapisan ozon berperan sebagai tabir surya bumi yang menyerap sekitar 98 persen dari sinar UV.

Berikut ini beberapa manfaat lapisan ozon bagi kesehatan :

  • Mencegah kanker kulit – Seperti penjelasan diatas bahwa lapisan ozon berfungsi untuk menyerap radiasi sinar UV-A dan UV-B yang dapat bertindak sebagai penyebab terjadinya kanker kulit.
  • Mencegah katarak – Radiasi sinar ultraviolet juga berpengaruh pada kesehatan mata, yaitu dapat meningkatkan resiko terjadinya katarak. Lapisan ozon dapat menunjukkan kemampuan untuk menghindari kejadian katarak yang disebabkan oleh efek biologis radiasi UV.

Dalam bidang pengobatan Ozon digunakan untuk mengobati pasien dengan cara terawasi dan mempunyai penggunaan yang meluas seperti di Jerman. Di antaranya ialah untuk perawatan kulit terbakar.

Sedangkan dalam perindustrian, ozon digunakan untuk:

  • mengenyahkan kuman sebelum dibotolkan (antiseptik),
  • menghapuskan pencemaran dalam air
  • membantu proses flokulasi (proses pengabungan molekul untuk membantu penapis menghilangkan besi dan arsenik),
  • mencuci, dan memutihkan kain (dipaten),
  • membantu mewarnakan plastik,
  • menentukan ketahanan getah.[2]

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Ozon
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Lapisan_ozon