fungsi-limpa


Fungsi Limpa adalah untuk pertahanan tubuh, terhadap penyakit, menyaring darah dan mengakumulasi limfosit dan makrofaga, degradasi eritrosit, tempat cadangan darah. Organ limpa ini hadir di hampir semua vertebrata, termasuk manusia dan anjing, dan ia melakukan beberapa fungsi penting dalam tubuh mereka. [1]

Fungsi limpa pada umumnya adalah berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh atau suplai darah. Limpa menghilangkan sel darah merah tua, yang disebut eritrosit, dari suplai darah dan menghilangkan, menyimpan dan menghasilkan limfosit sel darah putih.

Limfosit yang disimpan menghasilkan antibodi dan membantu dalam menghilangkan mikroba dan sampah lainnya dari suplai darah.

Karakteristik Limpa

Limpa adalah organ lembut, gelap-ungu yang ditemukan di bagian atas-kiri perut. Terletak antara perut dan diafragma di bawah tulang rusuk, limpa memiliki ukuran rata-rata dari 12 cm, tinggi 7 cm dan 4 cm. Berat dan ukuran limpa agak berbeda dalam kehidupan, dan dapat seberat 100-250 g pada orang dewasa.

Limpa merupakan organ limfoid terbesar dan terletak di bagian depan dan dekat punggung rongga perut di antara diafragma dan lambung. Secara anatomis, tepi limpa yang normal berbentuk pipih.

Penyakit yang dapat Mengganggu Fungsi Limpa

  • Infeksi
  • Malaria
  • Anemia
  • Lupus sistematik
  • Kanker seperti limfoma
  • Leukemia
  • Penyakit hati atau sirosis

Beberapa penyakit dapat menyebabkan pembesaran limpa dan dengan demikian mengganggu fungsinya. Pembesaran limpa atau splenomegali merupakan masalah kesehatan utama yang berhubungan dengan organ. Meskipun ia melakukan beberapa fungsi penting, itu bukan organ vital, yaitu manusia dapat bertahan hidup tanpa limpa.

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Limpa