fungsi luxmeter


Fungsi Lux meter adalah untuk mengukur besarnya intensitas cahaya di suatu tempat atau ruangan, alat ini terdiri dari sebuah sensor dengan sel foto, dan layar panel. Untuk mengetahui besarnya intensitas cahaya ini maka diperlukan sebuah sensor yang cukup peka dan linier terhadap cahaya.

Semakin jauh jarak antara sumber cahaya ke sensor maka akan semakin kecil nilai yang ditunjukkan lux meter, hal ini membuktikan bahwa semakin jauh jaraknya maka intensitas cahaya akan semakin berkurang.

Dengan alat ini, kita dapat mencegah pemborosan ketika akan memilih lampu. Dengan alat ini pula kita memiliki alasan yang tepat untuk mengganti lampu yang terlalu terang atau terlalu redup.[1]

Cara kerja luxmeter

Luxmeter mengubah energi dari foton menjadi elektron. Idealnya satu foton dapat membangkitkan satu elektron. Cahaya akan menyinari sel foto yang kemudian akan ditangkap oleh sensor sebagai energi yang diteruskan oleh sel foto menjadi arus listrik. Makin banyak cahaya yang diserapĀ  oleh sel, arus yang dihasilkan pun semakin besar.

Lux meter cukup diletakkan di atas meja, atau dipegang setinggi 75cm dari atas permukaan lantai. Maka layar penunjuk dari lux meter tersebut akan menunjukkan angka yang merupakan nilai dari intensitas pencahayaan ruangan bersangkutan.[2]

Referensi   [ + ]

1. http://www.wisegeek.org/what-is-a-lux-meter.htm
2. https://en.wikipedia.org/wiki/Lux