fungsi manajemen pemasaran


Fungsi manajemen pemasaran adalah untuk pengembangan produk, komunikasi dan promosi, strategi distribusi, penetapan harga dari produk dan pemberian pelayanan untuk memenuhi, dan memuaskan kebutuhan konsumen.

Pengertian manajemen pemasaran secara umum adalah proses merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan, mengimplementasikan dan controlling (pengawasan) kegiatan pemasaran agar dapat tercapainya target dari suatu perusahaan.

Pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli diantaranya:

  • Menurut, Philip Kotler/Armstrong (2002 : 14) – Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
  • Menurut, Buchari Alma (2004 : 130) – Manajemen Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dipemasaran.
  • Menurut, Dharmmesta & Handoko, 1982 – Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan.

Konsep dasar pelaksanaan kegiatan Pemasaran:

  1. Konsep Produksi – Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi untuk mencapai efisiensi produk tinggi dan distribusi yang luas.
  2. Konsep Produk – Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik.
  3. Konsep Penjualan – Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

Elemen pokok Pemasaran:

  • Orientasi konsumen / pasar / pembeli
  • Volume penjualan yang menguntungkan
  • Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan.

Baca Juga – Manajemen Waktu

Rujukan:

  • Buchari Alma, 1992. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabet Bandung.
  • Kotler, Phillip, 1989. Manajemen Pemasaran analisa Pemasaran dan Pengendalian, Jilid I. Penerbit Erlangga.
  • Dharmmesta, B.S. & Handoko, H.(1982), Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta