Microphone

fungsi microphone


Fungsi Microphone (mikrofon) adalah menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran listrik sinyal Analog untuk selanjutnya diperkuat dan diolah sesuai dengan kebutuhan, pengolahan berikutnya dengan Power Amplifier dari suara yang berintensitas rendah menjadi lebih keras.[1]

Setiap jenis Mikrofon memiliki cara yang berbeda dalam mengubah (konversi) bentuk energinya, tetapi mereka semua memiliki persamaan yaitu semua jenis Mikrofon memiliki suatu bagian utama yang disebut dengan Diafragma.

Mikrofon dipakai pada banyak alat seperti telepon, alat perekam, alat bantu dengar, dan pengudaraan radio serta televisi.

Menurut karakteristiknya, microphone dibagi menjadi 3 bagian diantaranya adalah:

  1. Microphone Omnidirectional – merupakan mikrofon yang mempunyai sensitivitas ke segala arah.
  2. Microphone bidirectional – mikrofon yang mempunyai daerah sensitivitas dua arah berbentuk seperti angka 8 dengan nilai kepekaan pada bagian depan dan belakang mikropon.
  3. Microphone directional – mikrofon yang mempunyai sensitivitas hanya ke arah depan dan sudut-sudut kecil di sekitarnya.

Cara Kerja Microphone

Gelombang suara akan membentur diafragma yang terdiri dari membran plastik yang sangat tipis kemudian diafragma akan bergetar sesuai dengan gelombang suara yang diterimanya. Kemudian Saat kita berbicara, suara kita akan membentuk gelombang suara dan menuju ke microphone.

Sebuah Coil atau kumpuran kawat (Voice Coil) yang terdapat di bagian belakang diafragma di Medan Magnet ini akan menimbulkan sinyal listrik. kemudian mengalir ke Amplifier (Penguat) atau alat perekam suara.[2]

Jenis-Jenis Microphone

  • Condensor Microphone – Condensor Microphone disebut juga Capacitor Microphone, yang diafragmanya terbuat dari bahan logam dan digantungkan pada pelat logam statis dengan jarak yang sangat dekat sehingga keduanya terisolasi menyerupai sebuah Kapasitor.
  • Ribbon Microphone – yaitu Microphone yang menggunakan pita tipis dan sensitif yang digantungkan pada medan magnet.
  • Dynamic Microphone – yaitu Microphone yang bekerja berdasarkan prinsip Induksi Elektromagnetik.
  • Mikrofon Elektret – jenis khusus mikrofon kapasitor yang telah memiliki sumber muatan tersendiri sehingga tidak membutuhkan pencatu daya dari luar.

 

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Mikrofon
2. http://artsites.ucsc.edu/EMS/Music/tech_background/TE-20/teces_20.html