fungsi mikroskop


Fungsi mikroskop secara umum adalah digunakan untuk melihat dan mengamati benda-benda yang berukuran sangat kecil (mikroskopis) yang tidak mampu dilihat secara kasat mata. Jenis paling umum dari mikroskop, dan yang pertama diciptakan, adalah mikroskop optik.

Mikroskop ini merupakan alat optik yang terdiri dari satu atau lebih lensa yang memproduksi gambar yang diperbesar dari sebuah benda yang ditaruh di bidang fokal dari lensa tersebut.

Jenis-Jenis Mikroskop

Berdasarkan sumber cahaya, mikroskop dibagi menjadi 2 yaitu, Mikroskop Cahaya dan Mikroskop Elektron, Berikut penjelasannya:

1. Mikroskop Cahaya

Mikroskop cahaya adalah jenis mikroskop yang memanfaatkan cahaya sebagai sumber energi agar dapat memperbesar bayangan objek dan menggunakan lensa untuk memusatkan cahaya pada objek yang akan diamati.

Biasanya mikroskop cahaya memiliki tiga lensa objektif dengan masing-masing pembesaran lemah (4 atau 10 kali), sedang (40 kali), kuat (100kali), dan lensa okuler pembesaran 10 kali.

Mikroskop cahaya ada yang hanya memiliki satu lensa okuler (monokuler) umumnya hanya mampu melihat panjang dan lebar objek, sedangkan yang memiliki dua lensa okuler bisa melihat objek secara 3 dimensi, yaitu panjang, lebar, dan tinggi objek.[1]

Adapula yang memiliki dua lensa okuler (binokuler) yang biasa dikenal dengan nama Mikroskop Stereo.

2. Mikroskop Elektron

Electron microscope adalah jenis mikroskop yang memanfaatkan elektron sebagai sumber energi untuk memperbesar bayangan objek. Mikroskop Elektron menggunakan magnet sebagai pengganti lensa, yang berguna untuk memusatkan sumber energi ke objek yang akan diamati.

mampu untuk melakukan pembesaran objek sampai 2 juta kali, yang menggunakan elektro statik dan elektro magnetik untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar serta memiliki kemampuan pembesaran objek serta resolusi yang jauh lebih bagus daripada mikroskop cahaya.[2]

Bagian-bagian Mikroskop dan Fungsinya

Ada dua bagian utama yang umumnya menyusun mikroskop, yaitu:

  1. Bagian optik – yang terdiri dari lensa objektif dan lensa okuler.
  2. Bagian non-optik – yang terdiri dari kaki dan lengan mikroskop, diafragma, meja objek/meja preparat, pemutar halus dan kasar, penjepit kaca objek (preparat),cermin, kondensor, dan sumber cahaya.[3]

1. Bagian Optik

  • Lensa okuler – Untuk memperbesar kembali bayangan lensa objektif. Pembesaran lensa mata biasanya memiliki 6, 10, atau 12 kali. Letaknya dekat dengan mata observer.
  • Lensa objektif – Berfungsi untuk membentuk bayangan nyata, terbalik, diperbesar. Pembesaran dari lensa objektif dapat diatur oleh bagian revolver yang ada pada mikroskop. Letaknya berada dekat dengan objek yang diamati.
  • Kondensor – bagian yang dapat diputar naik turun yang berfungsi untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memusatkannya ke objek.
  • Diafragma – Berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk dan mengenai preparat.
  • Cermin – berfungsi untuk menerima dan mengarahkan cahaya yang diterima. Cermin mengarahkan cahaya dengan cara memantulkan cahaya tersebut.

2. Bagian Non-Optik

  • Revolver – berfungsi untuk mengatur perbesaran lensa objektif yang diinginkan.
  • Tabung Mikroskop – berfungsi untuk menghubungkan lensa objekti dan lensa okuler mikroskop.
  • Lengan Mikroskop – berfungsi untuk tempat pengamat memegang mikroskop.
  • Meja Benda – berfungsi untuk tempat menempatkan objek yang akan diamati, pada meja benda terdapat penjepit objek, yang menjaga objek tetap ditempat yang diinginkan.
  • Makrometer (pemutar kasar) – berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tabung secara cepat untuk pengaturan mendapatkan kejelasan dari gambaran objek yang diinginkan.
  • Mikrometer (pemutar halus) – berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tabung secara lambat untuk pengaturan mendapatkan kejelasan dari gambaran objek yang diinginkan.
  • Kaki Mikroskop – berfungsi sebagai penyagga yang menjaga mikroskop tetap pada tempat yang diinginkan, dan juga untuk tempat memegang mikroskop saat mikroskop hendak dipindahkan.[4]

Baca Juga:


Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Mikroskop_cahaya
2. http://www.answers.com/topic/electron-microscope
3. https://id.wikipedia.org/wiki/Mikroskop
4. http://www.answers.com/Q/What_are_the_parts_of_a_microscope