Museum

fungsi museum


Fungsi Museum secara umum adalah untuk menyimpan, merawat, mengamankan dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya. Adapun secara khusus fungsi museum dibagi menjadi 2 (dua) yaitu:

1. Sebagai tempat pelestarian:

Penyimpanan, yang meliputi pengumpulan benda untuk menjadi koleksi, pencatatan koleksi, sistem penomoran dan penataan koleksi.

Perawatan, yang meliputi kegiatan mencegah dan menanggulangi kerusakan koleksi.

Pengamanan, yang meliputi kegiatan perlindungan untuk menjaga koleksi dari gangguan atau kerusakan oleh faktor alam dan ulah manusia.

2. Sebagai sumber informasi:

Penelitian dilakukan untuk mengembangkan kebudayaan nasional, ilmu pengetahuan dan teknologi. Penyajian wajib tetap memperhatikan aspek pelestarian dan pengamanannya.

Jenis-jenis Museum Dan Fungsinya

  • Museum arkeologi – museum yang mengkhususkan diri untuk memajang artefak arkeologis.
  • Museum Seni – Lebih dikenal dengan nama galeri seni, merupakan sebuah ruangan untuk pameran benda-benda seni.
  • Museum Biografi – museum yang didedikasikan kepada benda yang terkait dengan kehidupan seseorang atau sekelompok orang.
  • Museum anak – institusi yang menyediakan benda pameran dan program acara untuk menstimulasi pengalaman informal anak.
  • Museum Universal – Memberikan informasi kepada pengunjung mengenai berbagai variasi dari tema lokal dan dunia. Museum ini penting karena meningkatkan rasa keingin-tahuan terhadap dunia.
  • Museum etnologi – museum yang mempelajari, mengumpulkan, merawat, dan memamerkan artefak dan obyek yang berhubungan dengan etnologi dan antropologi.
  • Museum Sejarah – Mencakup pengetahuan sejarah dan kaitannya dengan masa kini dan masa depan. Beberapa di antara museum tersebut memiliki benda koleksi yang sangat beragam, mulai dari dokumen, artefak dalam berbagai bentuk, benda sejarah yang terkait dengan even kesejarahan tersebut.
  • Museum maritim – museum yang mengkhususkan diri kepada peresentasi sejarah, budaya atau arkeologi maritim.[1]

Baca Juga – Fungsi Bank


Referensi   [ + ]

1. www.id.wikipedia.org/wiki/Museum