Negara

fungsi negara


Fungsi negara secara umum adalah untuk mengatur kehidupan bernegara untuk mencapai tujuan negara. Ada beberapa pandangan tentang fungsi negara ini, berikut adalah dianranya.

Fungsi Negara Menurut Para Ahli

Menurut John Locke fungsi negara ada 3 yaitu:

  • Fungsi legislative ialah fungsi untuk membentuk undang-undang atau peraturan.
  • Fungsi eksekutif adalah fungsi untuk melaksanakan undang-undang atau peraturan.
  • Fungsi federative adalah fungsi untuk hubungan luar negeri.

Menurut Mariam Budiardjo yaitu:

  • Menerapkan kontrol untuk mencapai tujuan bersama dan untuk mencegah konflik yang terjadi di masyarakat,
  • Untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran
  • Mempromosikan aspek pertahanan dan keamanan untuk menjaga serangan dari luar dan merusak dari dalam negeri, dan
  • Keadilan bagi semua warga negara melalui badan-badan yang ada peradilan dan konstitusi negara.

Lain halnya, menurut Moh. Kusnardi

Fungsi negara dibagi menjadi dua bagian, yaitu Melaksanakan kebijakan (hukum dan ketertiban) dan membutuhkan kesejahteraan.

Artinya, negara harus melaksanakan kebijakan untuk mencegah bentrokan di masyarakat dalam rangka mencapai tujuan bersama dan keinginan kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya.

Fungsi Dasar Negara

Di negara Indonesia, dasar negara diterjemahkan sebagai suatu ideologi, maka menjadi dasar negara yang bermakna suatu ajaran/pedoman untuk mengatur kehidupan dalam konteks penyelenggaraan ketatanegaraan suatu negara yang mencakup berbagai aspek kehidupan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa makna suatu dasar negara ialah sama dengan ideologi negara dan sama dengan dasar filsafat kenegaraan atau pandangan dasar kenegaraan.

Berikut adalah 5 Fungsi Dasar Negara yaitu:

  1. Dasar berdiri dan tegaknya suatu negara – dasar Negara berfungsi sebagai landasan bagi pengelolaan suatu negara yang bersangkutan.
  2. Dasar dan Sumber Hukum Nasional – setiap aktivitas penyelenggaraan negara dan warga negara harus didasari pada hukum yang berlaku.  Jadi, semua peraturan perundang-undangan tidak bisa lepas dan harus didasarkan pada Dasar Negara pada tiap negara.
  3. Dasar Kegiatan Penyelenggaraan Negara – agar para penyelenggara negara benar-benar dapat mewujudkan tujuan nasional, mereka harus mendasarkan semua kegiatan pemerintahannya pada Negara.
  4. Dasar Pergaulan Antar warga Negara – Dasar Negara tidak hanya menjadi dasar perhubungan antara warga negara dan negara, melainkan juga dasar bagi hubungan antar warga Negara di seluruh dunia.
  5. Dasar Partisipasi Warga Negara – dalam menggunakan hak dan melaksanakan kewajiban, seluruh warga negara harus berpedoman pada dasar negaranya.

Tujuan Negara

Tujuan Negara menurut Rogert H. Sultay, tujuan suatu negara adalah memungkinkan rakyatnya untuk berkembang serta menyelenggarakan daya ciptanya sebebas mungkin.

Tujuan utama berdirinya negara pada hakikatnya yaitu menciptakan kebahagian rakyatnya, se-perti tertuang dalam Alinea IV Pembu-kaan UUD 1945, yaitu:

  • Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  • Memajukan kesejahteraan umum.
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Baca Juga