fungsi neraca ohaus


Fungsi neraca Ohaus adalah untuk mengukur massa benda atau logam dalam praktek laboratorium. Kapasitas beban yang ditimbang dengan menggunakan neraca ini adalah 311 gram. Batas ketelitian neraca Ohauss yaitu 0,1 gram.

Prinsip kerja neraca ini adalah sekedar membanding massa benda yang akan diukur dengan anak timbangan. Anak timbangan neraca Ohaus berada pada neraca itu sendiri.

Kemampuan pengukuran neraca ini dapat diubah dengan menggeser posisi anak timbangan sepanjang lengan. Anak timbangan dapat digeser menjauh atau mendekati poros neraca.

Cara mengukuran massa benda dengan neraca Ohaus

  • Melakukan kalibrasi terhadap neraca yang akan digunakan untuk menimbang, dengan cara memutar sekrup yang berada disamping atas piringan neraca ke kiri atau ke kanan posisi dua garis pada neraca sejajar.
  • Meletakkan benda yang akan diukur massanya.
  • Menggeser skalanya dimulai dari yang skala besar baru gunakan skala yang kecil. Jika panahnya sudah berada di titik setimbang 0.
  • Jika dua garis sejajar sudah seimbang maka baru memulai membaca hasil pengukurannya.

Bagian-bagian Neraca Ohauss

  • Tempat beban yang digunakan untuk menempatkan benda yang akan diukur.
  • Tombol kalibrasi yang digunakan untuk mengkalibrasi neraca ketika neraca tidak dapat digunakan untuk mengukur.
  • Lengan neraca untuk neraca 3 lengan berarti terdapat tiga lengan dan untuk neraca ohauss 4 lengan terdapat empat lengan.
  • Pemberat (anting) yang diletakkan pada masing-masing lengan yang dapat digeser-geser dan sebagai penunjuk hasil pengukuran.
  • Titik 0 atau garis kesetimbangan, yang digunakan untuk menentukan titik kesetimbangan.

Jenis Neraca Ohaus

Neraca Ohaus dua lengan – Neraca ini memiliki dua lengan. Lengan depan terdapat satu anting logam yang digeser-geser dari 0, 10, 20, …, 100g. Sedangkan lengan belakang lekukan-lekukan mulai dari 0, 100, 200 – 500 g.

Neraca Ohaus tiga lengan – Neraca ini memiliki tiga lengan, yakni sebagai berikut:

  1. Lengan depan memiliki anting logam yang dapat digeser dengan skala 0, 1, 2, 3, 4 -10gr. Di mana masing-masing terdiri 10 skala tiap skala 1 gr, jadi skala terkecil 0,1 gram.
  2. Lengan tengah, dengan anting lengan dapat digeser, tiap skala 100 gr, dengan skala dari 0,100, 200 – 500gr.
  3. Lengan belakang, anting lengan dapat digeser dengan tiap skala 10 gram, dari skala 0, 10, 20 – 100 gr.

Cara melakukan kalibrasi pada alat ukur besaran massa seperti neraca Ohaus adalah dengan cara memutar skrup yang berada disamping atas piringan neraca ke kiri atau ke kanan posisi dua garis pada neraca sejajar.