fungsi ohmmeter


Fungsi Ohmmeter adalah untuk mengukur hambatan listrik yang merupakan suatu daya yang mampu menahan aliran listrik pada konduktor. Alat tersebut menggunakan galvanometer untuk melihat besarnya arus listrik yang kemudian dikalibrasi ke satuan ohm. [1]

Pengukuran ini diatur oleh “Hukum Ohm,” yang menyatakan bahwa arus yang melalui rangkaian listrik berbanding lurus dengan jumlah tegangan yang diberikan. Ketika ditulis sebagai persamaan aljabar, fenomena alam ini akan terlihat seperti ini: R = V / I, dimana R adalah Resistensi, V Tegangan, dan I mewakili Arus.

Cara Kerja Ohm-Meter

Ohmmeter harus mampu menghasilkan aliran internal arus, oleh karena itu, dilengkapi dengan baterai sendiri. Perangkat ini juga terdiri dari dua arah, yang kemudian resistensi di antara mereka akan diukur.

Ujung merah dihubungkan ke terminal positif sesuai unit listrik yang sedang diuji, sedangkan hitam melekat ke negatif. Ketika arus mengalir dari baterai dan melalui unit, ohmmeter mengukur penurunan tegangan, atau hambatan, yang terjadi.

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Ohm-meter