fungsi osiloskop


Fungsi Osiloskop adalah alat ukur yang digunakan untuk membaca sinyal listrik maupun frekuensi atau memproyeksikan bentuk sinyal listrik agar dapat dilihat dan dipelajari. Dengan osiloskop, bentuk gelombang sinyal listrik atau frekuensi suatu rangkaian elektronika dapat di ketahui. Biasanya hasil pengukuran ditunjukan dalam 2 buah axis atau sumbu X vertikal dan Y vertikal. [1]

Adapun fungsi lainnya yaitu untuk membedakan arus AC dengan arus DC, mengetahui noise pada sebuah rangkaian listrik dan mengukur frekuensi sinyal yang berosilasi.

Jenis Osiloskop

  • Layar Tabung Kaca – merupakan pengembangan dari osiloskop yang pertama dikembangkan. Osiloskop tersebut memiliki respon terhadap signal lebih cepat dibandingkan dengan digital, atau sering juga dikenal sebagai osiloskop analog.
  • Layar LCD – Kelebihan osiloskop LCD ini adalah kemampuannya dalam menentukan bandwidth yang lebih fleksibel. Jenis ini dapat dibagi secara spesifik menjadi 4 macam yaitu: Osiloskop Sampling Digital, Osiloskop Portabel, osiloskop Berbasis Komputer dan Osiloskop Signal Campuran.

Osiloskop inipun digunakan untuk keperluan medis, misalnya saja untuk memantau perkembangan dari kesehatan pasien. Osiloskop sangat diperlukan terutama berkaitan dengan penggunaan pada bidang kedokteran dan telekomunikasi.[2]

Kedua bidang ini menuntut ketepatan peralatan dengan spesifikasi yang lebih presisi, sehingga peralatan tersebut mutlak diperlukan.

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Osiloskop
2. http://www.doctronics.co.uk/scope.htm