fungsi otak manusia


Fungsi Otak secara umum adalah untuk mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.[1]

Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia.

Bagian Otak Manusia Dan Fungsinya

Otak mansia dibagi kepada 4 bagian, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), otak tengah (mesensefalon), dan sumsum lanjutan (medulla oblongata).

Setiap bagian otak ini memiliki peranan serta fungsi masing-masing. Berikut penjelasannya dibawah ini:

1. Otak Besar (cerebrum)
Otak Besar Membuat manusia memiliki kemampuan berpikir, analisa, logika, bahasa, kesadaran, perencanaan, memori dan kemampuan visual. Cerebrum merupakan bagian otak yang membedakan manusia dengan binatang.

2. Otak Kecil (cerebellum)
Otak kecil mengontrol banyak fungsi otomatis otak. Yaitu, mengatur sikap atau posisi tubuh, mengkontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh.

3. Otak Tengah (mesensefalon)
Otak Tengah ini mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan, denyut jantung, mengatur suhu tubuh, mengatur proses pencernaan,

…dan merupakan sumber insting dasar manusia yaitu fight or flight (lawan atau lari) saat datangnya bahaya. [2]

4. Sumsum lanjutan
sumsum lanjutan adalah sebagai Pusat pengedali pernafasan, Menyempitkan pembuluh darah, Mengatur suhu tubuh dan Mengatur denyut jantung.

Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

  • Fungsi Otak kiri – lebih banyak digunakan untuk proses berpikir secara logika dan dalam berbahasa, namun kurang pandai dalam hubungan sosial. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).
  • Fungsi Otak kanan – lebih berperan untuk proses intuitif dan visual, misalnya sosialisasi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan lain-lain yang sejenisnya.[3]

Selain paling penting, otak juga merupakan organ yang paling rumit. Maka dari itu saya hanya membahas fungsi otak secara garis besarnya saja sekedar membuat Anda paham bagian-bagian dari otak.


Referensi   [ + ]

1. www.id.wikipedia.org/wiki/Otak
2. www.aktivasiotak.com/fungsi_otak.htm
3. www.alodokter.com