Pancasila

fungsi-pancasila


Fungsi Pancasila adalah sebagai Dasar Negara yang merupakan sumber kaidah hukum yang mengatur negara Republik Indonesia, termasuk di dalamnya seluruh unsur-unsurnya yakni pemerintah, wilayah dan rakyat.

Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahawa Pancasila adalah Dasar Negara Indonesia. Adapun kedudukan dan fungsi pancasila tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Sebagai panduan bagi kehidupan orang Indonesia

Artinya, nilai-nilai dan makna Pancasila memandu semua perilaku dan tindakan warga negara Indonesia dan berperan dalam menentukan apa yang baik dan apa yang buruk dalam proses pembuatan kebijakan dan penyelesaian masalah bangsa.

  • Sebagai sumber segala sumber hukum

Artinya, kelima prinsip Pancasila menjadi rujukan dalam proses pembuatan peraturan tertulis oleh negara.

  • Sebagai sumber norma

Aturan yang berlaku di Indonesia harus selaras dengan nilai-nilai moral Pancasila atau bahkan mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Norma tersebut adalah aturan tidak tertulis atau informal yang mengatur kehidupan masyarakat.

  • Sebagai perjanjian luhur

Pancasila adalah hasil dari kesepakatan yang dihasilkan dari perumusan cendekiawan pendiri bangsa. Para pendiri bangsa sepakat untuk menjadikan Pancasila sebagai basis negara. Perjanjian tidak boleh rusak oleh generasi berikutnya.

  • Sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia

Pancasila adalah ideologi bangsa dan dianggap sebagai cerminan dari filosofi hidup yang paling sesuai dengan masyarakat Indonesia. Selain itu, Pancasila mencerminkan filosofi yang diadopsi oleh manusia Indonesia dalam lima prinsipnya.

  • Sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Sebagaimana telah kita lihat, Pancasila jelas terkandung dalam pembukaan Konstitusi 1945, sehingga Pancasila adalah tujuan dan cita-cita Bangsa Indonesia, cita-cita ini adalah tujuan Bangsa, menciptakan masyarakat yang adil dan makmur.

  • Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Maksudnya adalah, sebagai hal yang memberikan gaya khas kepada Bangsa dan menjadi pembeda Bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Menjelma dengan perilaku dan sikap mental, sehingga karakteristik ini yang dimaksud dengan.

  • Sebagai ideologi negara Indonesia

Pancasila adalah ideologi Negara Indonesia, karena Pancasila, yang disepakati sebagai ideologi nasional adalah Pancasila sebagaimana dirumuskan secara definitif dalam Pembukaan UUD 1945.

Sebagai ideologi negara, Pancasila memiliki empat fungsi utama dalam kehidupan bernegara, yaitu:

  1. Mempersatukan bangsa, memelihara dan mengukuhkan persatuan dan kesatuan.
  2. Membimbing dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya. Pancasila menggambarkan cita-cita bangsa Indonesia, sekaligus menjadi sumber motivasi dan tekad untuk mencapai tujuan.
  3. Memberikan tekad untuk memelihara dan mengembangkan identitas bangsa,
  4. Pancasila menjadi ukuran untuk melakukan kritik mengenai keadaan Bangsa dan Negara.

Pengertian Pancasila

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: panca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tujuan Pancasila

  • Menghendaki bangsa yang religius yang taat kepada Tuhan
  • Menjadi bangsa yang menghargai Hak Asasi Manusia (Ham)
  • Menghendaki menjadi bangsa yang nasionalis yang mencintai tanah air Indonesia
  • Menghendaki bangsa yang demkratis
  • Menjadi bangsa yang adil secara sosial ekonomi

Baca Juga – Fungsi DPR