Peta

fungsi peta


Fungsi Peta adalah Menunjukkan posisi atau lokasi dan menggambarkan bentuk-bentuk permukaan bumi serta menyajikan data tentang potensi suatu dareah.

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer.[1]

Pengertian Peta Menurut Para Ahli

  • Menurut Erwin Rainsz (1948) – Peta adalah gambaran konvensional dari ketampakan muka bumi yang diperkecil seperti ketampakannya kalau dilihat vertikal dari atas, dibuat pada bidang datar dan ditambah tulisan-tulisan sebagai penjelas.
  • Menurut ICA (International Cartographic Association) – Peta adalah gambaran atau representasi unsur-unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari pemukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa, yang pada umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil/diskalakan.
  • Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional – Peta merupakan wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan, merupakan sumber informasi bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tahapan pada tingkatan pembangunan.

Jenis-Jenis Peta

A. Peta Umum

Peta yang menggambarkan permukaan bumi secara umum. Peta umum ini memuat semua penampakan yang terdapat dalam suatu daerah, baik kenampakan alam maupun kenampakan sosial budaya.

Peta umum dikelompokan lagi menjadi 3, yaitu:

1. Peta topografi – Peta topografi yaitu peta yang menggamabrkan bentuk tinggi rendahnya permukaan bumi. Dalam peta topografi digunakan garis kontur, yaitu garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai ketinggian sama.

2. Peta Chorografi – Peta chorografi adalah peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi dengan skala lebih kecil antara 1:250.000 sampai 1:1000.000.

Menggambarkan daerah yang luas, misalnya propinsi, Negara bahkan dunia. Dalam peta chorografi juga digambarkan semua kenampakan yang ada pada suatu wilayah diantaranya gunung, sungai, danau, jalan batas wilayah, kota dll. Atlas adalah salah satu kumulan peta chorografi.

3. Peta dunia atau geografi – yaitu peta umum yang berskala sangat kecil dengan cakupan wilayah yang sangat luas.

B. Peta khusus (peta tematik)

Peta Tematik adalah yang menggambarkan informasi dengan tema tertentu/khusus. Misalnya, peta politik, peta geologi, peta penggunaan lahan, peta persebaran objek wisata, peta kepadatan penduduk, dan sebagainya.[2]

Tujuan Pembuatan Peta

Tujuan pembuatan peta antara lain sebagai berikut:

  • Membantu suatu pekerjaan, misalnya untuk konstruksi jalan, navigasi, atau perencanaan,
  • Analisis data spasial, misalnya perhitungan volume
  • Menyimpan informasi,
  • Membantu dalam pembuatan suatu desain, misal desain jalan.
  • Kominikasi ruang

Baca Juga:

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Peta
2. http://geografi.fkip.uns.ac.id