fungsi rambut manusia


Fungsi rambut pada manusia yang paling utama adalah untuk melindungi tubuh dan sebagai penghalang fisik antara udara dingin eksternal dan kulit serta sebagai perangkap udara hangat di antara kulit dan rambut, menjaga tubuh lebih hangat.

Rambut atau sering disebut bulu adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit manusia dan hewan, terutama mamalia yang muncul dari epidermis (kulit luar).[1]

Setiap helai rambut memiliki 3 lapisan, yaitu:

  1. Medula di bagian lembut di tengah.
  2. Korteks yang melingkari medula dan merupakan bagian utama rambut.
  3. Kutikula yaitu bagian luar yang keras dan bertugas melindungi batang rambut.

Rambut Pada Bagian Tubuh Manusia

Penyebaran rambut atau bulu pada manusia terdapat pada beberapa bagian tubuh diantaranya adalah:

  • Kepala – Fungsi rambut pada kepala manusia adalah untuk melindungi kulit kepala dari sengatan matahari dan hawa dingin.
  • Mata – Fungsi alis mata selain untuk keindahan dan kecantikan adalah untuk menahan keringat dan hujan yang mengenai dahi kemudian ke mata. ( baca juga – Fungsi Mata )
  • Hidung – untuk mencegah bakteri, jamur, debu ataupun spora yang masuk kedalam hidung akan terhambat dan tersaring serta dapat meningkatkan kelembaban udara yang dihirup.
  • Ketiak –  untuk melindungi ketiak dari zat racun yang akan masuk dari luar tubuh. Rambut ketiak juga berfungsi sebagai penarik daya seksual seseorang, karena folikel rambut hampir selalu berdekatan dengan kelenjar yang menghasilkan feromon.
  • Kemaluan – Rambut pada kemaluan memiliki fungsi memberikan kehangatan, indikasi visual dari kematangan seksual, pengumpulan dari pengeluaran hormon, mengurangi gesekan luar saat berhubungan seks, dan juga berfungsi sebagai pelindung wilayah yang ditumbuhi rambut kemaluan.

Baca Juga – Organ Tubuh Manusia Dan Fungsinya

Rambut meliputi sebagian besar tubuh manusia dalam berbagai panjang, tekstur dan ketebalan. Rambut menyajikan sejumlah fitur pada manusia, termasuk isolasi, perlindungan, penyangga gesekan dan pengalihan air dan keringat dari tubuh.

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Rambut