fungsi-rektum


Fungsi Rektum adalah untuk bertindak sebagai tempat penyimpanan sementara bagi kotoran sebelum dieliminasi dari tubuh melalui anus atau bisa juga disebut sebagai organ terakhir dari usus besar pada beberapa jenis mamalia yang berakhir di anus. [1]

Rektum terletak di antara kolon sigmoid dan anus yang merupakan bagian dari sistem pencernaan yang memiliki fungsi utama untuk menyimpan limbah pencernaan sampai waktu seseorang siap untuk buang air besar.

Berikut dibawah ini adalah 6 fungsi utama Rektum

  1. Menerima feses dari usus besar.
  2. Sebagai tempat penyimpanan sementara feses. Dinding rektum elastis sehingga bisa menampung cukup banyak feses.
  3. Memberi perasaan ingin buang air besar (defekasi).
  4. Membantu feses keluar dengan gerak peristaltik.
  5. Mendorong kembali feses ke usus besar jika feses tak kunjung dikeluarkan. Ini berbahaya karena bisa membuat feses mengeras akibat airnya kembali diserap usus besar.
  6. Menahan feses agar tidak keluar secara tiba-tiba.

Penyakit Yang Terkait Dengan Rektum

Ada beberapa penyakit yang terkait dengan rektum, biasanya adalah Penyakit dubur yang umum dan serius dan dapat terjadi pada semua usia. Berikut adalah penyakitnya yaitu:

  • Kanker kolorektal – Gejala kanker juga sama dengan masalah lain seperti perdarahan dubur (merah terang), sakit perut, feses kecil dan sempit, kebiasaan mengubah usus, sembelit atau diare atau rasa buang air besar yang tidak lengkap.
  • Wasir – Tandanya yaitu bengkak dan meradang karena buang air besar tidak teratur seperti karena sembelit atau diare, vena meradang.
  • Proktitis – Merupakan peradangan pada rektum. Gejalanya yaitu mencret darah dan lendir biasanya karena beberapa penyakit lain atau infeksi yang berkaitan dengan fungsi sistem pencernaan.

Pencegahan Dari Penyakit Yang Terkait Rektum

Anda dapat membantu mencegah wasir dan kanker kolorektal dengan makan makanan yang sehat. Minum banyak air sekitar 8 gelas sehari serta Makan buah-buahan segar dan sayuran dan biji-bijian karena dapat membantu memindahkan makanan dan limbah melalui tubuh dan membantu dalam penyerapan nutrisi.[2]

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Rektum
2. https://en.wikipedia.org/wiki/Rectum