fungsi sistem saraf pada manusia


Fungsi Sistem saraf pada manusia adalah untuk mengontrol dan mengatur berbagai kegiatan tubuh dalam organisme multisel dalam bentuk impuls saraf yang biasanya berhubungan dengan respon cepat terhadap rangsangan.

Hal ini dilakukan dengan cara mengambil informasi dari lingkungan dengan menggunakan reseptor sensoris, mengirimkan sinyal yang mengodekan informasi ini ke dalam sistem saraf pusat,

…memproses informasi untuk menentukan sebuah respon yang tepat, dan mengirim sinyal keluaran ke otot atau kelenjar untuk mengaktivasi respon.

Fungsi Utama Sistem Saraf

  • Mendeteksi baik lingkungan internal dan perubahan lingkungan eksternal tubuh.
  • Konduksi Informasi.
  • Integrasi Informasi.
  • Menanggapi rangsangan.
  • Indra khusus seperti pendengaran, penglihatan, bau dan rasa yang dihasilkan oleh stimulasi satu set khusus dari reseptor indra, yang berkaitan dengan sistem saraf.

Gangguan Sistem Saraf

Sistem saraf juga rentan terhadap penyakit dan gangguan sehingga membuat seseorang tidak mampu melakukan tugas-tugas tertentu jika tidak ditangani dengan baik.

Jenis gangguan saraf, seperti serangan transient ischemic (TIA), stroke, perdarahan ekstradural, hematoma dan perdarahan subdural, dan perdarahan subarachnoid.