fungsi stetoskop


Fungsi stetoskop adalah untuk memeriksa suara dalam tubuh, dan lebih sering digunakan untuk mendengar suara detak jantung, gangguan perut, paru-paru, tekanan darah dan pernapasan. Stetoskop terdiri dari resonator yang berbentuk piringan kecil dan tabung yang menghubungkannya untuk memudahkan pendengaran.

Beberapa stetoskop harus ditempatkan langsung pada kulit pasien, sedangkan yang lainnya bisa di atas baju yang dipakai pasien. Stestoskop dengan dua bel memungkinkan pengguna membedakan suara bernada rendah pada satu sisi dan suara bernada tinggi pada sisi lain.[1]

Jenis Stetoskop

  • Stetoskop binaural – merupakan stetoskop yang dirancang bisa didengar menggunakan kedua telinga, sedangkan stetoskop tunggal hanya untuk satu telinga.
  • Stetoskop diferensial – memungkinkan penggunanya untuk membandingkan suara di dua lokasi berbeda. Ada pula stetoskop elektronik yang bisa memperkuat suara yang dihasilkan organ tubuh yang diperiksa.
  • Stetoskop akustik – yang paling umum digunakan, dan beroperasi dengan menyalurkan suara dari bagian dada, melalui tabung kosong berisi-udara, ke telinga pendengar.
  • Stetoskop elektronik – mengatasi tingkatan suara yang rendah dengan cara memperkuat suara tubuh.

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Stetoskop