fungsi switch


Fungsi Switch adalah sebagai pengatur dan pembagi sinyal data dari sutu komputer ke komputer lainnya. fungsi tersebut sama dengan fungsi HUB yang menjadi perbedaan adalahvswitch bisa melakukan pengaturan berupa proses filter paket data.

Biasanya masing-masing port pada switch bisa disetting sehingga bisa ditentukan port mana saja yang bisa saling terhubung.

3 fungsi utama Switch

  1. Address Learning (mempelajari alamat) – Address learning ini berkaitan dengan bagaimana switch dapat mendapatkan Mac Address dari perangkat yang terkoneksi dengan dirinya.
  2. Meneruskan / Menyaring Data Frame – Forwarding disini merupakan suatu proses meneruskan paket frame dari salah satu port menuju port yang menjadi tujuan paket tersebut. Ketika salah satu host yang terhubung dengan salah satu port pada switch mengirimkan data frame, maka switch akan melakukan pengecekan pada Mac address table. Apabila mac address yang menjadi tujuan paket tersebut terdapat pada port kedua, maka paket tersebut hanya diteruskan ke port dua saja.
  3. Looping Avoidance (menghindari looping) – Looping terjadi pada switch dimana data yang dikirim hanya berputar pada port-port yang ada di switch. Kondisi looping ini dapat dicek dengan menutup/memblok salah satu port yang terkoneksi, misalnya pada switch 1 menutup port eth2 dan pada switch 2 menutup port eth1. Sehingga data dapat sampai ke tujuan tanpa dan tidak berputar-putar saja.