fungsi tabung reaksi


Fungsi tabung reaksi adalah untuk menampung, mencampur, atau memanaskan sejumlah kecil bahan kimia padat atau cair, terutama untuk uji kualitatif.

Tabung reaksi mempunyai variasi ukuran baik dari segi panjang ataupun diameternya, beberapa varian dari panjang tabung ini yaitu 23 ; 12 ; 14 ; 22 ; 15 ; 16 ; 11 centimeter, sedangkan untuk diameternya bervariasi dariĀ  2.2 ; 1 ; 1.2 ; 1.9 ; 1.6 centimeter.[1]

Tabung reaksi, adalah peralatan gelas yang umum ada di laboratorium berbentuk tabung sebesar kira-kira jari tangan manusia dewasa, terbuat dari kaca atau plastik, terbuka di bagian atasnya, biasanya alasnya berbentuk huruf-U.

[ Baca juga : Fungsi Labu Ukur dan Fungsi Corong Buchner ]

Penggunaan tabung reaksi

Tabung reaksi yang diisi dengan air dan diletakkan terbalik ke dalam gelas gelas beker berisi air sering digunakan untuk menangkap gas, biasanya diletakkan pada rak khusus, klem, atau tang. Beberapa rak untuk tabung pembiak dirancang untuk meletakkan tabung pada posisi nyaris horizontal, untuk memaksimalkan permukaan media pembiak di dalamnya.

Tabung ini juga mempunyai sifat tahan terhadap panas, karena seperti kita ketahui beberapa proses reaksi kimia berjalan dengan membutuhkan panas. Beberapa macam reaksi yang biasanya menggunakan tabung ini adalah reaksi oksidasi atau reaksi reduksi.[2]

Baca Juga:

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Tabung_reaksi
2. http://www.kompasiana.com/alatlabor/apa-itu-tabung-reaksi-dan-fungsi-tabung-reaksi