fungsi tv tuner


Fungsi TV tuner adalah alat untuk menerima dan mengkonversi sinyal ke dalam gambar dan suara pada komputer dan ditampilkan pada layar monitor. Secara garis besar, ada dua jenis TV tuner yang digunakan TV tuner adapter dapat berupa TV tuner adapter PCI card, TV tuner adapter dengan interface USB maupun PCMCIA untuk notebook.

Tv tuner biasanya dipasang di slot PCI pada motherboard, walaupun ada beberapa yang dipasang di port USB. Beberapa kartu grafis juga merangkap sebagai penala TV. Biasanya kartu ini terdiri dari bagian penerima (receiver), penala (tuner).[1]

Jenis TV Tuner

  • TV Tuner Card – TV tuner yang berupa tuner card yang harus dipasang pada motherboard dan akan bisa bekerja setelah komputer dinyalakan, Tuner jenis ini bisa digunakan untuk berbagai fungsi misalnya bisa merekam acara televisi ke dalam hard disk atau media penyimpanan lain.
  • TV Tuner Combo – TV tuner yang berupa combo box dan hanya memerlukan sebuah monitor baik monitor LCD maupun CRT, karena sinyal keluaran dari TV tuner ini berupa sinyal VGA yang bisa langsung dihubungkan dengan monitor komputer.
  • TV Tuner Mini – Sebuah perangkat portable yang dihubungkan melalui port USB dan biasanya dipakai pada notebook. Tuner jenis ini merupakan perangkat multi-fungsi yang paling praktis dan sederhana di antara TV Tuner lainnya.

Saat ini sudah banyak TV tuner yang juga bisa memutar radio FM. Hal ini mungkin karena spektrum gelombang radio menggunakan frekuensi yang serupa dengan televisi. Kini banyak penala TV mendukung siaran TV digital yang berstandar HDTV. Ini lebih murah dibanding membeli pesawat TV dengan dukungan HDTV. Siaran juga bisa direkam untuk diputar ulang.[2]

 

Referensi   [ + ]

1. https://en.wikipedia.org/wiki/TV_tuner_card
2. https://www.ifixit.com/Wiki/TV_Tuner_Cards