Uang

fungsi uang


Fungsi uang Secara umum yaitu sebagai perantara untuk pertukaran barang dengan barang, juga untuk menghindarkan perdagangan dengan cara barter. [1]

Pada prinsipnya uang memiliki 3 peran penting dalam perekonomian dan dibedakan menjadi 2 yaitu fungsi asli dan fungsi turunan, berikut penjelasannya:[2]

1. Sebagai penyimpan nilai – uang dapat memindahkan daya beli dari saat ini ke masa akan datang. Jika seseorang mendapatkan uang hari, kemudian uang tersebut disimpan di bank, maka uang tersebut dapat dibelanjakan di minggu depan, bulan depan, atau tahun depan.

Uang dapat menyimpan nilai kekayaan seseorang yang dapat digunakan untuk belanja barang atau jasa dikemudian hari.

2. Sebagai unit hitung – uang dapat menyatakan ukuran dari harga barang dan jasa yang ditetapkan. Uang berperan sebagai besaran yang menyatakan nilai dari transaksi ekonomi.

Setiap transaksi memerlukan ukuran atau unit yang menyatakan besarnya nilai transaksi dan dapat diterima oleh para pelaku transaksi.

3. Sebagai media pertukaran – uang dapat digunakan sebagai alat tukar yang sah dalam melakukan transaksi barang dan jasa dalam suatu perekonomian.

Transaksi ekonomi selalu memerlukan alat yang dapat dipertukarkan sebagai alat pembayarannya. Uang dapat dipertukarkan dengan barang yang akan dibeli, atau uang dapat digunakan untuk menukar jasa yang dibutuhkan.


Referensi   [ + ]

1. www.id.wikipedia.org/wiki/Uang
2. www.ardra.biz