Fungsi-VGA-komputer


Fungsi VGA (Video Graphics Adapter) yang sering di sebut Graphic Card adalah untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA juga berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.

Jenis-Jenis VGA Pada Komputer

  • VGA card ISA adalah suatu jenis dari kartu VGA (Video Graphics Accelerator), yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit.
  • VGA card EISA adalah jenis dari kartu Video Graphics Accelerator, yang dapat dipasangkan pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O.
  • VGA card PCI adalah jenis dari kartu VGA (Video Graphics Accelerator) yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit ataupun 64-bit sistem I/O.
  • VGA card AGP adalah jenis VGA card yang dapat dipasangkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit dan 256-bit sistem I/O.
  • VGA card PCI Express (PCIe) adalah jenis VGA card yang dapat dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O-nya dengan kecepatan transfernya mencapai hingga 32 GByte/s.