fungsi fitamin B kompleks


Fungsi Vitamin B Secara Umum adalah untuk meningkatkan laju reaksi metabolisme tubuh terhadap berbagai jenis sumber energi dan juga berperan dalam pembentukan sel darah merah serta menjaga sistem pencernaan dan menjaga kadar kolesterol.

Vitamin B Kompleks adalah satu kelompok vitamin B, yang semuanya memiliki keistimewaan dan manfaatnya masing-masing. vitamin B kompleks terdiri dari beberapa jenis yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Berikut dibawah ini adalah penjelasannya.[1]

Jenis dan Fungsi Vitamin B

1. Vitamin B1 – Untuk membantu mengkonversi karbohidrat menjadi energi yang diperlukan tubuh dan juga membantu proses metabolisme protein dan lemak.

Sumber Vitamin B1: gandum, nasi, daging, susu, telur, dan tanaman kacang-kacangan

2. Vitamin B2 – Membantu dalam regenerasi energi bagi tubuh serta berperan penting untuk pembentukan molekul steroid, sel darah merah, dan glikogen, serta menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh, seperti kulit, rambut, dan kuku.

Sumber Vitamin B2: sayur-sayuran, kacang kedelai, kuning telur, dan susu.

3. Vitamin B3 – untuk menunjang kesehatan kulit serta sistem pencernaan dan syaraf dan memiliki peran besar dalam menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi, penyembuhan migrain, dan vertigo.

Sumber Vitamin B3: Daging, ikan, gandum dan kentang.[2]

4. Vitamin B5 – Untuk menjaga komunikasi yang baik antara sistem saraf pusat dan otak (baca: fungsi otak)dan memproduksi senyawa asam lemak, sterol, neurotransmiter, dan hormon tubuh.

Sumber Vitamin B5: daging, susu, sayuran hijau dan kacang hijau.

5. Vitamin B6 – berperan dalam metabolisme nutrisi dan memproduksi antibodi sebagai mekanisme pertahanan tubuh terhadap antigen atau senyawa asing yang berbahaya bagi tubuh.

Sumber Vitamin B6: beras, jagung, kacang-kacangan, daging, dan ikan.

6. Vitamin B12 – untuk memproduksi dan menunjang sel mielin yang meyelubungi sel-sel saraf, kemampuan mental, pembentukan sel darah merah dan pemecah asam lemak dan amino untuk menghasilkan energi.

Menjaga dan memelihara kesehatan sel saraf, serta ikut berperan dalam pembentukan molekul DNA dan RNA. Vitamin jenis ini Khusus hanya diproduksi oleh hewan dan tidak ditemukan pada tanaman atau tumbuh-tumbuhan.

Sumber Vitamin B12: Telur, hati, dan daging.

Referensi   [ + ]

1. http://lpi.oregonstate.edu/mic/vitamins
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Vitamin