Fungsi vitamin secara umum adalah sebagai pengatur yang bekerja sama dengan enzim dalam beberapa reaksi kimia untuk pertumbuhan, pemeliharaan, kesehatan dan reproduksi serta untuk keseimbangan hormon pada tubuh manusia.

Vitamin terbentuk dari asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi dan sangat dibutuhkan tubuh serta memiliki peranan penting dalam mengatur proses metabolisme tubuh.

Ada 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik, antara lain yaitu: vitamin A, vitamin B (B1, B2, B3, B5, B6, B12), vitamin C, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. [1]

fungsi vitamin

Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat kesehatan, Vitamin dapat digolongkan menjadi 2 kelompok yaitu:

1. Vitamin yang larut dalam lemak ( vitamin A, D, E dan K )

Vitamin A – adalah Vitamin larut dalam lemak pertama yang ditemukan secara luas. Vitamin A dikenal juga dengan Nama Retinol. Fungsi Vitamin A berperan dalam Penglihatan, dan merupakan salah satu komponen penyusun pigmen mata.

Vitamin D – Nama lain adalah Kalsiferol. Fungsi vitamin D adalah pembentuk tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D menyebabkan diabetes dan osteoporosis.

Sumber Vitamin D banyak di temukan pada jenis makanan seperti ikan, telur, susu, dan keju. sel kulit akan memproduksi Vitamin ini disaat terkena cahaya matahari.

Vitamin E – sebagai pengontrol asam lemak berlebih dan kesehatan kulit dan berperan sebagai anti oksidan alami dan untuk menjaga kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh. Kekurangan vitamin E menyebabkan mandul. Vitamin E bisa didapatkan dari gandum, minyak sayur dan minyak ikan.

Vitamin K – berperan dalam pembekuan darah dan berpengaruh terhadap penutupan luka.

Sumber Vitamin K yaitu sayur-sayuran hijau, brokoli, kol, hati, kacang polong dan buncis, jika tubuh kekurangan Vitamin K akan berakibat pada kesulitan pembekuan darah saat terjadi luka atau pendarahan.

Vitamin yang larut dalam lemak ini akan disimpan dalam jaringan adiposa dan di dalam hati, sebagian dari vitamin ada yang disimpan hanya beberapa hari saja dan sebagian lainnya ada yang bisa bertahan sampai sekitar 6 bulan.

2. Vitamin yang larut dalam air ( vitamin B dan C )

Vitamin B – secara umum manfaat vitamin B berperan penting dalam metabolisme tubuh, terutama dalam hal pelepasan energi saat kita melakukan aktivitas.

peranan Vitamin B di dalam tubuh sebagai senyawa koenzim yang dapat meningkatkan laju reaksi metabolisme tubuh terhadap berbagai jenis sumber energi.

Selain itu beberapa jenis-jenis vitamin B ini juga berperan dalam pembentukan sel darah merah Sumber vitamin B berasal dari susu, gandum, ikan, dan sayur-sayuran hijau.

Vitamin C – Untuk meningkatkan system imun, pembentuk sel-sel darah merah, untuk antioksidan, untuk kesehatan gigi dan gusi. Kekurangan vitamin C menyebabkan mudah lelah, anemia dan sariawan, sumber vitamin bisa didapatkan dari buah-buahan, mentega dan ikan.[2]

Untuk vitamin yang larut dalam air hanya dapat disimpan dalam jumlah sedikit saja dan ikut hilang bersama aliran makanan, vitamin yang terlepas akan masuk dalam aliran darah selajutnya tersebar ke seluruh bagian tubuh, dan jika tidak dibutuhkan maka vitamin akan terbuang bersama urin.

Pada dasarnya vitamin yang di butuhkan pada tubuh hanyalah secukupnya, tetapi jika jumlah vitamin yang di butuhkan oleh tubuh tidak terpenuhi maka metabolisme tubuh akan terganggu sehingga akan menimbulkan penyakit dan lemahnya kondisi badan anda.

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Vitamin
2. http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/vitamins.html