VPN – Virtual Private Network

fungsi VPN


Fungsi VPN (Virtual Private Network) adalah membuat akses internet pribadi yang mengenkripsi lalu lintas data anda antara hp android/komputer anda dengan dengan server host dengan membentuk semacam terowongan data.

Dengan kita menggunakan VPN ini akan aman karena tidak bisa disadap atau dicuri sebab sudah di enkripsi 128 bit bahkan kadang sampai 2048 bit untuk vpn kelas atas yang berbayar.

Namun sebelum anda dapat menggunakannya anda harus setting VPN di komputer atau ponsel anda terlebih dahulu.

Cara kerja VPN (dengan protokol PPTP) :

  1. VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC, Server VPN ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router.
  2. Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan apabila berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.
  3. Selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atau LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, print dokument, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya.