VPS (Virtual Private Server)

Fungsi VPS (Virtual Private Server) adalah sebagai layanan hosting yang digunakan untuk situs web online. Jenis hosting ini menggunakan teknologi virtualisasi yang menyediakan sumber daya (pribadi) khusus di server, meskipun digunakan oleh lebih dari satu pengguna.

Secara umum, pemilik situs menyewa hosting VPS, yang situs webnya telah memperoleh banyak lalu lintas dan kadang melebihi batas penggunaan. Layanan VPS juga dapat digunakan untuk beberapa hal.[1]

Fungsi VPS yang perlu Anda tahu

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat yang dapat digunakan saat menggunakan VPS:

  • Web Hosting

Hosting web merupakan yang populer, VPS cocok untuk situs web tingkat menengah dan perusahaan, di mana aplikasi memerlukan konfigurasi khusus.

Jika Anda sebagai pebisnis atau pengembang pembuatan situs web, menggunakan layanan VPS sangat disarankan karena Anda dapat menggunakan jasa sewa VPS ini untuk klien hosting web Anda. Dengan menggunakan VPS, Anda memiliki kontrol penuh terhadap situs web yang menggunakan layanan VPS Anda.

  • VPS sebagai VPN

VPS juga dapat digunakan sebagai jaringan pribadi virtual atau VPN (Virtual Private Network). VPN merupakan suatu jaringan yang terhubung melalui Internet, tetapi hanya beberapa orang yang dapat mengaksesnya.

Peran VPS sebagai VPN dapat digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang membutuhkan jaringan pribadi hanya kepada karyawan atau anggotanya saja untuk menyimpan data penting dan masih dapat transfer data dengan aman saat berada di jaringan VPN.

  • Private Backup Server

Selain dapat digunakan untuk menyimpan file online seperti situs web, surel, berkas, dan basis data., Anda juga dapat menggunakannya untuk menyimpan data cadangan.

  • Remote Desktop

Dengan VPS Anda dapat mengakses dan menggunakan komputer dari jarak jauh dan memiliki kontrol penuh tanpa batasan tempat, kapanpun Anda mau, Anda dapat mengontrol server di mana pun Anda berada.

  • File hosting

VPS juga berfungsi sebagai server file atau penyimpanan file berukuran besar dan data melalui ftp atau http yang dapat diakses kita sendiri maupun diakses oleh pengunjung website Anda.[2]

Cara Kerja VPS Hosting

Browser mengirim permintaan ke server, lalu server mentransfer file yang diperlukan melalui Internet. Kegunaan hosting VPS adalah untuk menyediakan server virtual yang meniru server fisik.

Dengan teknologi virtualisasi, penyedia hosting memasang lapisan virtual pada sistem operasi server (OS). Lapisan ini membagi server menjadi beberapa partisi dan memungkinkan setiap pengguna untuk menginstal sistem operasi dan perangkat lunaknya.

Kelebihan dan Kekurangan VPS (Virtual Private Server)

Kelebihan:

  • Privasi dijamin, karena file dan database disimpan dan disembunyikan dari server pengguna lain.
  • Lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada server hosting bersama.
  • Jaminan sumber daya server, seperti memori atau kapasitas pemrosesan.
  • Layanan mudah untuk di upgrade. Ketika web tumbuh dan berkembang, Anda dapat dengan mudah memperbarui sumber daya server (RAM, CPU, ruang disk, bandwidth, dll.).
  • Masalah situs web dan lalu lintas pengguna lain tidak memengaruhi situs Anda.
  • Anda mendapatkan akses superuser (root) ke server.

Kekurangan:

  • Harganya lebih mahal dari share hosting.
  • Mengharuskan Anda memiliki lebih banyak pengetahuan teknis untuk mengelola server.
  • Konfigurasi server yang salah akan berisiko terhadap keamanan.

VPS juga sangat cocok bagi Anda yang memprioritaskan privasi dalam pengelolaan situs web. Masih banyak fungsi lain yang bisa diterapkan di VPS seperti Rapidleech, Torrentleech, DNS Name Server, Proxy Server dan lainnya.

Referensi   [ + ]

1. https://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_private_server
2. https://www.niagahoster.co.id/blog/fungsi-vps/