Waterpass

Fungsi waterpass adalah untuk mengukur atau menentukan sebuah benda atau garis dalam posisi rata baik pengukuran secara vertikal maupun horizontal. Alatnya terbuat dari kaca dan didalam terdapat gelembung cairan. jenis yang paling sering dipergunakan adalah waterpass panjang 120 cm yang terbuat dari bahan kayu dengan tepi kuningan.[1]

Saat pertama mebeli, biasanya alat ukur ini sudah dikalibrasi sehingga bisa langsung digunakan dan memudahkan penggunanya.

Cara Menggunakan Waterpass

Letakan bagian permukaan alat waterpass pada bidang yang akan di ukur, Jika ingin menngukur bidang datar maka perhatikan gelembung cairan dibagian tengah alat.

Namun jika ingin melihat dan menentukan ketegakan maka bisa dilihat gelembung pada bagian ujung waterpass. Untuk menjamin apakah bidang benar rata, maka gelembung cairan harus berada tepat ditengah alat.

Jenis Waterpass

Secara umum ada dua jenis waterpass, yaitu waterpass manual dan digital namun berbagai macam bentuk, diantaranya adalah:

  • Waterpass Digital
  • Waterpass Android
  • Waterpass Digital Bosch
  • Waterpass Laser
  • Waterpass Topcon & Waterpass Topcon At-b4
fungsi waterpass
Waterpass Manual
waterpass digital
Waterpass Digital

Bahan waterpass yang umum beredar dipasaran dari kayu dan aluminium, kebyakan lebih suka waterpass dari bahan aluminium karena tahan lama dan lebih ringan.

Baca juga:

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Waterpass