Organ tubuh pada manusia adalah kumpulan jaringan yang memiliki peran khusus dan masing-masing memiliki tugasnya sendiri yang saling berkaitan satu sama lain. Banyak jaringan, sel, dan jaringan ikat yang membantu dalam mengatur berbagai sistem biologis pada tubuh.

Dalam tubuh manusia ada sistem organ yang  melakukan fungsinya berbeda – beda, diantaranya adalah sistem pencernaan, Respirasi atau sistem pernafasan, sistem sirkulasi, sistem pengeluaran, sistem gerak, sistem reproduksi, sistem saraf, sistem integument, dan sistem hormon.

Tubuh manusia dapat dibagi menjadi kepala, badan, tangan, dan kaki. Kepala memainkan peran utama dalam melindungi organ penting. Berikut dibawah ini adalah bagian-bagian organ tubuh manusia lengkap beserta fungsinya masing-masing.

bagian organ tubuh manusia dan fungsinya

  1. Hati – fungsinya adalah sebagai kelenjar pencernaan mengeluarkan getah empedu yang mengandung garam-garam empedu ke dalam usus dua belas jari (duodenum) untuk mencerna lemak. Hati terletak di sisi kanan rongga perut ( baca selengkapnya – Fungsi Hati )
  2. Ginjal – bertanggung jawab untuk mengeluarkan limbah dan mengatur keseimbangan elektrolit. Ginjal mengekskresikan urin ke ureter yang kemudian diteruskan keluar dari tubuh. ( Baca selengkapnya – Fungsi Ginjal )
  3. Jantung – bertanggung jawab untuk memompa darah dalam tubuh dan untuk memberikan darah beroksigen ke seluruh organ tubuh melalui pembuluh darah. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Jantung )
  4. Paru-paru – membantu dalam pernapasan dan merupakan organ yang paling penting dari sistem pernapasan, bekerjasama dengan jantung. Dari vena darah, paru-paru membuang gas karbon dioksida dan kotoran lainnya.( Baca Selengkapnya – Fungsi Paru-Paru )
  5. Lambung – untuk mengeluarkan asam lambung, asam klorida serta menjaga tingkat pH yang berpengaruh terhadap kelancaran pencernaan. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Lambung )
  6. Usus Halus – Fungsi Usus Halus adalah untuk menyerap sebagian besar nutrisi yang ditemukan dalam makanan, Pada saat makanan dicerna mencapai usus halus, telah secara mekanis dipecah menjadi cairan. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Usus Halus )
  7. Darah – Darah Pada Tubuh Manusia untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Darah )
  8. Pankreas – Pankreas merupakan bagian integral dari sistem pencernaan dan fungsi kepala pankreas adalah untuk mengeluarkan cairan pankreas dan insulin. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Pankreas )
  9. Tenggorokan – tenggorokan adalah sebagai tempat untuk jalannya makanan ke kerongkongan dan sebagai tempat jalannya udara atau pernafasan ke paru-paru. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Tenggorokan )
  10. Hidung – untuk menghirup udara pernapasan, menyaring udara, menghangatkan udara pernapasan, juga berperan dalam resonansi suara. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Hidung )
  11. Otak – untuk mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Otak )
  12. Mulut – untuk makan dan berbicara. Bagian mulut termasuk bibir, vestibulum, rongga mulut, gusi, gigi, langit-langit keras dan lembut, lidah dan kelenjar ludah. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Mulut )
  13. Kelenjar Pineal – adalah kelenjar endokrin penting berwarna abu-abu  kemerahan yang hadir dalam otak. Kelenjar pineal seukuran sebutir beras dan terutama terdiri dari sel-sel khusus yang disebut pinealocytes. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Kelenjar Pineal )
  14. Hipotalamus – merupakan bagian dari otak manusia yang mengontrol pelepasan hormon utama oleh kelenjar hipofisis. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Hiptomalus )
  15. Faring – untuk menyaring udara. Faring membuat udara menjadi hangat, membasahi dan melewati ini melembabkan udara ke paru-paru. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Faring )
  16. Laring – untuk memberikan nada suara ketika kita berbicara. Laring lebih dikenal sebagai kotak suara. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Laring )
  17. Kelenjar Ludah – untuk mengeluarkan air liur ke dalam mulut untuk membasahi makanan. Kelenjar ludah juga memulai pencernaan dan membantu dalam melindungi gigi dari membusuk. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Kelenjar Ludah )
  18. Kelenjar Tiroid – terletak di pangkal leher dan kelenjar endokrin terbesar dalam tubuh. Kelenjar tiroid mengeluarkan dua hormon penting – tiroksin (T4) dan triiodothyronine (T3). ( Baca Selengkapnya – Fungsi Kelenjar Tiroid )
  19. Empedu – untuk menyimpan empedu, yang disekresikan oleh hati sampai dibutuhkan untuk pencernaan. Kandung empedu ini juga membantu dalam pencernaan lemak. ( Baca Selengkapnya – Fungsi Empedu )
  20. Rectum – Rektum (poros usus) merupakan organ pencernaan yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung feses. (baca selengkapnya – Fungsi Rektum)
  21. Kerongkongan – berfungsi sebagai jalan bolus dari mulu ke lambung. Jalannya bolus dari mulut ke lambung melalui kerongkongan ini disebabkan oleh adanya suatu gerakan yang disebut gerakan peristaltic pada dinding otot kerongkongan.
  22. Usus Besar – untuk menyerap air dan elektrolit dari sisa pencernaan dan menyimpan kotoran sampai diekskresikan.
  23. Diafragma – merupakan partisi otot antara perut dan rongga dada dan meluas di bagian bawah tulang rusuk. Fungsi utama diafragma adalah untuk membantu sistem pernapasan.
  24. Limpa – Fungsi utama dari limpa adalah untuk menyaring darah. Trombosit, bersama dengan sel darah putih, disimpan dalam limpa. ( baca selengkapnya – fungsi limpa )
  25. Ovarium – merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita, yang terletak di dinding lateral pelvis dan menempel pada rahim. Kedua ovarium terhubung satu sama lain dengan tuba fallopi.(Baca selengkapnya – Fungsi Ovarium)

Baca Juga:

Komunikasi antara bagian-bagian organ, memungkinkan tubuh untuk menyesuaikan fungsi masing-masing organ sesuai dengan kebutuhan seluruh tubuh.