Fungsi Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi.[1]

Sebuah jaringan komputer bisa beroperasi dengan didukung oleh software dan komponen perangkat keras komputer  yang memadai sesuai dengan kebutuhannya.

A. TUJUAN JARINGAN KOMPUTER

Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan. Pihak yang meminta/menerima layanan disebut client dan yang memberikan/mengirim layanan disebut server, atau lebih dikenal dengan nama jaringan client-server.

fungsi-jaringan-komputer

B. KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER BESERTA FUNGSINYA

Untuk memudahkan anda dalam memahami, saya uraikan satu persatu dari Perangkat Jaringan Komputer Dan Fungsinya.

1. LAN CARD
Fungsi LAN card adalah untuk menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN. ( baca selengkapnya – Fungsi Lan Card )

2. LAN TESTER
LAN tester adalah sebuah alat yang digunakan untuk pengecekan kabel UTP yang telah terpasang RJ-45. Pada LAN tester terdapat led indikator untuk mengecek kebenaran pada kabel yang sedang kita pasang. ( baca selengkapnya – Fungsi Lan Tester )

3. KABEL JARINGAN
Kabel jaringan merupakan peralatan yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan komputer atau komputer dengan perangkat jaringan lainnya. Berikut adalah jenis-jenisnya:

a. Kabel Fiber Optik

b. Kabel UTP

c. Kabel Coaxial

4. HUB
Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet sehingga menjadikannya dalam satu jaringan. ( baca selengkapnya – Fungsi HUB )

5. SWITCH
Switch adalah sebagai pengatur dan pembagi sinyal data dari sutu komputer ke komputer lainnya. ( baca selengkapnya – Fungsi Switch )

6. ROUTER
sebagai alat penghubung antar dua atau lebih jaringan komputer untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lain. ( baca selengkapnya – Fungsi Router )

7. REPEATER
Repeater Jaringan Komputer atau Network Repeater adalah perangkat yang digunakan untuk memperluas batas-batas dari daerah jaringan kabel lokal (LAN) atau nirkabel (WiFi). ( baca selengkapnya – Fungsi Repeater )

8. KONEKTOR
Sebagai penghubung atau konektor kabel ethernet yang digunakan dalam jaringan. Konektor biasanya terdapat pada ujung kabel UTP yang menghubungkannya ke pemancar penerima. ( baca selengkapnya – Fungsi konektor RJ45 )

9. ACCES POINT
Acces Point adalah sebagai terminal penghubung seperti HUB atau Switch dengan cara memancarkan sinyal wirrelles. ( baca selengkapnya – Fungsi Acces Point )

10. Setting Kabel STRAIGHT dan CROSSOVER
Fungsi kabel Straight dan Crossover secara umum adalah digunakan untuk menghubungkan 2 device. ( baca selengkapnya – Fungsi kabel Straight dan Crossover )

C. TOPOLOGI JARINGAN 

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi 5 yaitu:

Semoga apa yang saya tulis tentang Perangkat Jaringan Komputer Dan Fungsinya bermanfaat untuk anda, jika kurang lengkap mungkin suatu saat akan saya tulis ulang tentunya dengan penambahan materi yang lebih lengkap.

Referensi   [ + ]

1. www.id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer