Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian atau komponen yang ada pada sebuah komputer dan di rakit menjadi satu kesatuan lalu membentuk sistem komputer.

Biasanya komponen atau perangkat keras ini dirakit dan dimasukkan di dalam dan di luar casing komputer.

Apabila salah satu komponen saja tidak berfungsi maka akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada pada komputer.

Setiap komponen komputer ini dapat bekerja berdasarkan perintah atau yang juga disebut juga dengan dengan istilah Set Instruksi.

Jadi, hardware ini bisa juga disebut sebagai eksekutor dari perintah yang sudah di program oleh perangkat lunak.

Untuk memudahkan dalam memahami setiap komponen yang ada pada komputer, berikut dibawah ini adalah penjelasan lengkap mengenai bagian dari perangkat keras komputer dan fungsinya.

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

KOMPONEN KOMPUTER DAN FUNGSINYA

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

  1. Input Device : Perangkat input / masukan
  2. Process Device : Perangkat yang menjalankan proses sistem komputer
  3. Output Device : Perangkat output / keluaran, menghubungkan sistem keluar
  4. Storage Device : Perangkat untuk menyimpan

1. INPUT DEVICE

Input device atau masukan merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai masukan kepada sistem untuk diproses. Komponen input device yaitu :

  • Mouse – berfungsi untuk menjalankan perintah klik kiri ataupun kanan dan bagian tengah serta sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor. ( baca selengkapnya – Fungsi Mouse )
  • Keyboard – Fungsinya adalah sebagai alat ketik dan bertugas untuk menampilkan angka, huruf, dan simbol pada layar monitor komputer. ( baca selengkapnya – Fungsi Keyboard )
  • Scanner – berfungsi untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda atau dokumen dan menyimpannya menjadi file digital didalam komputer. ( baca selengkapnya – Fungsi Scanner )
  • Joystik – berfungsi sebagai alat masukan komputer yang berwujud tuas atau tongkat sebagai Pelengkap untuk memainkan games. ( baca selengkapnya – Fungsi Joystick )
  • Touchpad : Fungsi Touchpad adalah sebagai pengganti mouse dan biasanya di jumpai pada laptop atau notebook.

2. PROCCESS DEVICE

Process device adalah perangkat yang berfungsi mengolah data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi (output) ke peralatan output.

Yang termasuk komponen Process device adalah :

  • Motherboard – Merupakan papan sirkuit atau papan PCB yang memiliki chip bios dan sebagai pusat penghubung seluruh komponen komputer. ( baca selengkapnya – Fungsi Motherboard )
  • CPU / Processor – Untuk memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah dan melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras. ( baca selengkapnya – Fungsi CPU )
  • RAM / Memory – Sebagai penyimpan data sementara dan menyuplai data yang dibutuhkan oleh Processor untuk diolah menjadi informasi. ( baca selengkapnya – Fungsi RAM )
  • VGA Card – Berfungsi untuk mengubah atau menterjemahkan sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. ( baca selengkapnya – Fungsi VGA Card )
  • Power Supply – Sebagai perangkat keras yang memberikan atau menyuplai arus listrik yang sebelumnya diubah dari bentuk arus listrik yang berlawanan atau AC, menjadi arus listrik yang searah atau biasa disebut sebagai arus DC. ( baca selengkapnya – Fungsi Power Supply )
  • Chipset – Fungsi Chipset adalah sebuah ‘jembatan’ yang digunakan untuk menghubungkan arus data antara soket, slot, konektor, atau komponen lainnya. ( baca selengkapnya – Fungsi Chipset )

3. OUTPUT DEVICE

Output device merupakan perangkat komputer yang memberikan output/keluaran, baik berupa tampilan visual, suara, maupun cetak. Komponenya yaitu :

  • Monitor/ Lcd Monitor – Untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer baik dalam bentuk visual, teks ataupun gambar.
  • Speaker – Fungsi speaker adalah untuk mengeluarkan suara dari komputer.
  • Printer – Untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.
  • Sound Card – Berfungsi sebagai salah satu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. ( baca selengkapnya – Fungsi Sound Card )

4. STORAGE DEVICE

Storage devices Adalah suatu media penyimpanan pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan hasil dari pemprosesan data. Komponennya adalah sebagai berikut:

  • Hardisk – Fungsinya adalah untuk menyimpan data secara permanen ke dalam sector disk di read atau write. ( baca selengkapnya – Fungsi Hardisk )
  • Floppy Disk – Biasa dikenal dengan sebutan disket, merupakan penyimpanan luar pertama, sangat populer semasa sitem DOS, lotus123, sistem komputer jaman dulu. Sekarang sudah jarang dijumpai dan mulai tergantikan oleh CD/DVD dan Flashdisk.
  • CD/DVD – Penyimpanan ekternal berbentuk piringan yang bisa menyimpan data.
  • Flashdisk – Perangkat penyimpanan eksternal yang saat ini paling banyak digunakan karena bisa menyimpan data dengan sekala besar dan mudah dibawa kemanapun anda mau.

Materi tentang komponen perangkat keras dan fungsinya ini sebetulnya masih bisa ditambahkan, namun saya hanya membahas sebagian besar komponen yang sering digunakan saja pada sebuah komputer.

Semoga dapat membantu anda dalam belajar. Silahkan bagikan jika dirasa beramanfaat untuk sekitar anda.