fungsi silica gel


Fungsi Silica Gel adalah untuk mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebihan. Disebut sebagai gel dikarenakan termasuk mineral alami yang diproses menjadi bentuk butiran, meskipun bentuk fisik secara harfiahnya adalah padat.[1]

Produk anti lembap ini menyerap lembap tanpa mengubah kondisi zatnya. Walaupun dipegang, butiran-butiran silica gel ini tetap kering. Silica gel penyerap kandungan air bisa diaktifkan sesuai kebutuhan.[2]

Kamu akan menemukan bungkusan kecil berisi silica gel dalam produk kulit, makanan, serta elektronik. Selain itu, sebagian produk vitamin juga memiliki silica gel untuk mencegah kelembaban berlebih dalam kemasannya.

Cara menggunakan silica gel sangat mudah, yaitu letakan pada tempat yang Anda maksud, seperti pada peratalatan elektronik, makanan, obat-obatan, bahan sensitif dan film sekalipun, dan bungkusnya tidak perlu Anda sobek. Silica gel bisa digunakan hingga beberapa kali. Sebelum digunakan kembali, zat ini perlu dipanaskan terlebih dahulu hingga sekitar 150 derajat Celsius.

Manfaat Lain Silica Gel

  • Dapat mencegah tumbuhnya jamur pada handuk
  • Untuk mengawetkan album foto
  • Untuk merawat peralatan make up
  • Dapat menghilangkan bau sepatu
  • Mampu membuat bunga tidak cepat layu

Silica gel sebetulnya tidak beracun. Namun tidak dianjurkan untuk memakannya karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan pernapasan. Produk anti lembap ini menyerap lembap tanpa mengubah kondisi zatnya. Walaupun dipegang, butiran-butiran silica gel ini tetap kering.

Referensi   [ + ]

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Gel_silika
2. www.chemcas.org